Sukses

Saat Interview Pelamar, Ini yang Dipikirkan Para HRD

Beberapa perlakuan bahkan bisa menciptakan kesan negatif bagi HRD atau pewawancara.

Liputan6.com, Jakarta - Wawancara kerja sering menjadi momok yang menakutkan bagi beberapa orang. Selain harus mampu menjawab beberapa pertanyaan dari HRD, para pelamar juga harus bisa menjaga diri agar terlihat maksimal saat wawancara berlangsung.

Banyak orang yang tak segan berlatih agar mampu melewati proses wawancara kerja dengan baik. Namun ternyata ada hal lain yang dapat mendukung kesuksesan wawancara kerja. Beberapa perlakuan bahkan bisa menciptakan kesan negatif bagi HRD atau pewawancara.

Melansir laman themuse.com, Senin (2/5/2016) berikut lima hal yang ada dalam pikirkan HRD ketika melakukan wawancara kerja:

1. Orang ini bisa diatur tidak?

Hampir semua manajer HRD pasti memikirkan hal ini ketika sedang mewawancara seorang kandidat pegawai. Mereka akan mencoba menebak bagaimana kepribadian dari sang calon pegawai. Untuk itu, Anda harus menunjukkan sikap yang baik agar mampu menggaet hati dari pewawancara.

2. Apa orang ini benar-benar mengerti pekerjaannya?

Terkadang, banyak orang yang hanya ingin mendapatkan pekerjaan tanpa benar-benar mengerti apa tugas yang akan ia kerjakan. Mengerti akan tugas dan pekerjaan utama dari profesi tertentu akan sangat membantu Anda mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal Lain

3. Apakah orang ini benar-benar ingin bekerja di sini?

Satu hal yang perlu Anda tunjukkan selain pengetahuan akan pekerjaan adalah, memperlihatkan kesungguhan untuk bekerja di kantor tersebut. Komitmen merupakan satu hal penting yang dicari setiap perusahaan.

4. Apa orang ini dapat bekerja sama dengan rekan kerja?

Setiap perusahaan pasti mencari orang yang mampu bekerja dalam tim. Hal ini juga harus Anda tunjukkan ketika sedang wawancara kerja. Anda dapat mencoba untuk menceritakan pengalaman ketika ikut sebuah organisasi sehingga dapat memperlihatkan kemampuan Anda untuk bekerja sama.

5. Kapan wawancara ini selesai?

Ya, hal ini sangat mungkin terjadi. Kadang ada beberapa calon pegawai yang sangat membosankan ketika sedang diwawancara. Hal ini akhirnya yang membuat manajer HRD bosan dan ingin segera mengakhiri sesi tersebut.

Hal ini harus Anda hindari. Sebisa mungkin cobalah buat suasana yang menyenangkan, sehingga pewawancara pun senang berbicara dengan Anda. (vna/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.