Sukses

Pengusaha Harap Buruh Tak Demo Saat May Day

Liputan6.com, Jakarta - Para buruh di seluruh dunia akan memperingati May Day pada Minggu 1 Mei 2016. Para buruh akan turun ke jalan untuk menuntut hak-haknya yang selama ini dianggap belum terpenuhi.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang meminta kepada para buruh untuk lebih merayakan May Day dengan aksi lebih bermanfaat, seperti hal mengelar pelatihan.
‎

"Ke depan diharapkan peringatan May Day bukan lagi di isi dengan demo ke jalan namun bagaimana pekerja Indonesia dalam setiap May Day mampu menggambarkan pekerja Indonesia yang produktif, memiliki kemampuan dan kompetensi," kata Sarman dalam pesannya kepada Liputan6.com, Sabtu (30/4/2016).

Sarman menuturkan, peningkatan kompetensi masing-masing pekerja menjadi hal yang harus ditingkatkan oleh Indonesia. Dengan modal jumlah penduduk usia produktif, investasi sumber daya manusia‎ menjadi hal mutlak. Terlebih saat ini Indonesia menghadapi pasar bebas Asean.

 

Dia mencontohkan, saat ini banyak tenaga asing yang bekerja di Indonesia, salah satu dari Tiongkok. Sarman mengingatkan ini perlu menjadi peringatan bagi para tenaga kerja Indonesia.

"Beberapa proyek  di tanah air yang pekerjanya dari Tiongkok menjadi sesuatu yang perlu diwaspadai dan dijadikan cambuk bagaimana pekerja kita memiliki produktivitas yang lebih baik," ujar dia.

Dia mereview setidaknya ada sembilan tuntutan demo buruh dalam peringatan May Day  pada 2016 antara lain :

1. Menolak PP No.78 Tahun 2015 tentang pengupahan
2. Naikkan upah minimum tahun 2017sebesar 30 persen
3. Ubah komponen KHL menjadi 84 item
4. Mendukung Undang-Undang tabungan perumahan rakyat (Tapera) untuk buruh dan rakyat
5. Tolak pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
6. Tolak PHK sepihak
7. Tolak upah murah
8. Menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan
9. Tolak kriminalitas aktivis pekerja

"Menyikapi tuntutan tersebut agar Serikat Pekerja/buruh jangan hanya melihat hanya dari sisi Pekerja akan tetapi harus  dilihat untuk kepentingan bersama agar masing masing memiliki jaminan," ujar dia. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

  • May Day atau Hari Mei atau dikenal Hari Buruh Internasional.

    May Day

  • Buruh adalah sebutan lain dari seorang yang bekerja untuk orang lain.

    Buruh