Sukses

Menhub Jonan Resmikan 12 Pelabuhan di Sulawesi Utara

Pembangunan infrastruktur di wilayah Indonesia Timur untuk mempersempit disparitas harga antara wilayah barat dan timur.

Liputan6.com, Manado - Kementerian Perhubungan terus membangun infrastruktur transportasi di wilayah Indonesia Timur. Langkah tersebut dilakukan untuk mempersempit disparitas harga antara wilayah barat dan timur. 

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, salah satu infrastruktur yang akan banyak dibangun oleh kementerian adalah pelabuhan. Langkah pembangunan pelabuhan ini untuk mendukung program tol laut yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di awal pemerintahan. 

Saat ini, realisasi pembangunan yang sudah dilakukan sejak tahun lalu sudah memperlihatkan wujudnya. Kemarin, Minggu 1 Mei 2016, Menteri Jonan mengunjungi Kota Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Kedatangan Jonan tersebut untuk meresmikan pengoperasian 12 pelabuhan laut di Sulawesi Utara.



Jonan mengatakan, peresmian 12 pelabuhan laut ini dimaksudkan untuk semakin memantapkan program Nawa Cita Pemerintah di bidang kemaritiman. 12 pelabuhan laut yang diresmikan adalah Pelabuhan Tahuna, Petta, Bukide, Kalama, Lipang, Kahakitang, Kawaluso, Matutuang, Kawio, Sawang, Buhias, dan Amurang.

"Pelabuhan ini merupakan perwujudan tol laut untuk mendukung angkutan laut yang jadwalnya tetap, dalam rangka menekan disparitas harga barang di Indonesia timur," jelasnya seperti ditulis Senin (2/5/2016).

Untuk mendukung tol laut, Kementerian Perhubungan juga memberikan kapal perintis. kapal tersebut akan melayani pulau-pulau kecil di daerah Sulawesi. Rencananya kapal tersebut akan diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Sangihe. 

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan, dengan diresmikannya beberapa pelabuhan di Sulawesi Utara tersebut sangat membantu masyarakat dalam beraktivitas khususnya meningkatkan kegiatan perekonomian.

Selain membangun pelabuhan, Kementerian Perhubungan juga banyak mengembangkan bandara. Target pembangunan bandara adalah wilayah Papua dan Papua Barat. Untuk ke depannya pembangunan bandar udara dan pelabuhan di Papua akan diperbanyak," ujar Jonan. 

Sementara itu, wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy mengapresiasi atas perhatian Presiden RI, Komisi V DPR RI dan Menteri Perhubungan RI terhadap pengembangan infrastruktur transportasi di Papua baik transportasi udara, laut, dan darat.

"Kebahagiaan masyarakat Papua Barat, khusus Sorong semakin besar dengan rencana pembangunan jaringan kereta api yang akan dimulai dari Kota Sorong" ucap Irene. (Yoseph Ikanubun/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini