Sukses

Harga Bawang Merah Melonjak pada Awal Mei

Pasokan bawang merah dan wortel impor yang kurang mendorong kenaikan terhadap jenis sayuran itu.

Liputan6.com, Jakarta - Harga bawang merah dan wortel impor mengalami kenaikan harga pada awal minggu pertama Mei 2016. Kenaikan ini salah satunya disebabkan oleh kurangnya pasokan sayuran tersebut.

Sarti (48) salah satu pedagang sayuran di PD Pasar Jaya Pasar Buncit, Jakarta Selatan mengatakan, harga bawang merah yang sebelumnya dibanderol Rp 30 ribu per kg, kini naik Rp 13 ribu menjadi Rp 43 ribu per kg.

"Yang lagi naik itu bawang merah, tomat, sama wortel impor. Bawang merah kemarin cuma Rp 30 ribu sekarang sudah Rp 43 ribu. Kalau wortel impor belinya sekarang satu dus (per 10 kg) itu Rp 500 ribu, sebelumnya cuma Rp 200 ribuan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (2/5/2016).

Dia menuturkan, naiknya harga bawang merah lantaran kurangnya pasokan ke Pasar Induk Kramat Jati akibat dari hujan yang turun dalam beberapa hari terakhir.
‎

"Bawang merah ini karena pasokan kurang banyak. Tapi memang bulan-bulan ini biasa harganya naik melejit, apalagi nanti jelang Puasa‎," kata dia.

 

Akibat kenaikan harga wortel impor tersebut, kini pedagang sayuran tidak menjual wortel tersebut. Pedagang hanya menjual wortel lokal yang ukurannya lebih kecil namun harganya jauh murah.

"Sekarang wortel impor kosong, pedagang pada nggak mau jual. Harganya tinggi banget. Paling kita jual wortel lokal, cuma Rp 16 ribu per kg," ungkap dia.

Sementara untuk tomat, kini harga komoditas tersebut perlahan mengalami penurunan. Sebelumnya harga tomat sempat menyentuh Rp ‎25 ribu per kg, kini perlahan turun menjadi Rp 20 ribu per kg.

Namun harga tersebut belum kembali ke level normal yaitu sekitar Rp 15 ribu per kg.
Untuk cabai, lanjut Sarti, harganya kini relatif stabil yaitu sebesar Rp 30 ribu per kg untuk cabai merah keriting, cabai rawit merah dan cabai rawit hijau. ‎Sedangkan untuk cabai merah besar dibanderol dengan harga Rp 40 ribu per kg.
‎

"Cabai cenderung stabil. Tapi nanti (jelang Ramadan) mudah-mudahan tidak naik harganya," ujar dia.

Berikut daftar harga sayuran berdasarkan pantauan Liputan6.com:

- Tomat Rp 20 ribu per kg
- Bawang Merah Rp 43 ribu per kg
- Wortel lokal Rp 16 ribu per kg
- Wortel impor Rp 50 ribu per kg
- Cabai merah besar Rp 40 ribu per kg
- Cabai merah keriting Rp 30 ribu per kg
- Cabai rawit merah Rp 30 ribu per kg
- Cabai rawit hijau Rp 30 ribu per kg
- Daun bawang Rp Rp 25 ribu per kg

 

(Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini