Sukses

9 Orang Kaya Ini Tak Pernah Bawa Uang Tunai

Gambaran mereka yang tidak pernah membawa uang ini disebut dengan ‘cash-averse’.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi mereka memiliki kekayaan memang mudah untuk membeli yang diinginkannya. Dengan uang yang banyak, mereka tidak akan khawatir untuk kehabisan biaya dalam waktu dekat.

Saat ini teknologi memudahkan kehidupan manusia. Bila ingin membeli sesuatu, kini tinggal mencari ATM terdekat, dan tinggal menggunakan debit.

Melansir dari time.com, Rabu (4/5/2016) berdasarkan laporan 2015 dari Federal Reserve Board of San Francisco, gambaran mereka yang tidak pernah membawa uang ini disebut dengan ‘cash-averse’.

Meskipun masih merupakan bagian yang relatif kecil dari populasi umum, ternyata sekitar sembilan persen para ‘cash-averse’ berada pada generasi 70-an hingga 90-an. Sekitar 62 persen dari mereka berusia di bawah 35.

Jadi, meskipun pada era ini para peneliti memprediksikan masyarakat tanpa uang tunai, ternyata hal tersebut sudah dilakukan sejak zaman dulu.

Penasaran siapa saja mereka? Berikut sembilan daftar orang terkenal yang tidak pernah membawa uang tunai mereka.

1. Judy Garland (1922-1969)

Judy Garland in THE WIZARD OF OZ (1939)
Satu ini adalah artis yang pernah membintangi film Wizard of Oz. Dia mengaku tidak pernah membawa uang saat berpergian. Dia akan menuliskan cek pada apa yang dibelinya, lalu segera melupakannya. Keuangan pribadi artis satu ini memang agak kacau.

2. Howard Hughes (1905-1976)

Howard Hughes, motion picture producer, shown after a test hop in his new high powered plane, a Boeing Army pursuit ship. Hughes is said to be the only private individual to own and pilot an Army plane.

Howard Robard Hughes adalah seorang pebisnis Amerika, pengusaha, investor, penerbang, insinyur, penemu, pembuat film dan seorang dermawan. Selama hidupnya, ia dikenal sebagai salah satu orang paling sukses secara finansial di dunia. Miliarder eksentrik ini tak mau membawa uang tunai. Bahkan khawatir dirinya kena rampok.

3. John F. Kennedy dan Robert F. Kennedy (1917-1963 dan 1925-1968)

John, Edward, Robert Kennedy. (Reuters)

Dua saudara Kennedy ini memiliki reputasi sebagai saudara yang tidak pernah membawa uang dan meminjam dari siapa pun di sekitarnya. Biografi yang ditulis Evan Thomas bercerita tentang seorang teman yang membantunya melemparkan dolar pada piring gereja salah satunya menanggapi ‘Jadi kau pikir aku lebih murah daripada itu?’

4. John Lennon (1940-1980)

8-12-1980: Vokalis Beatles John Lennon Tewas Ditembak (Reuters)

Lagu The Beatles memiliki banyak lagi yang berlirik mengenai uang meskipun ternyata salah satu personilnya, John Lennon, tidak pernah membawa uang. Biografi oleh Philip Norman menuliskan sebagai orang kaya, John Lennon malah tidak perlu membayar apapun. Klub yang ia kunjungi justru memberinya minuman gratis bahkan dibebaskan tagihan restoran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jim Morrison

5. Jim Morrison (1943-1971)

Jim Morrison

Meskipun dia membuat banyak uang dari kariernya, penyanyi ini tidak pernah memegang uang tunai kemana-mana. Mungkin juga dia tidak memiliki ruang untuk dompet di celana kulit ketatnya.

6. Benito Mussolini (1883-1945)

Sejumlah diktator ternyata pernah menulis buku dan karya tulis lainnya. (Sumber factslegends.org)

Benito mussolini adalah seorang politikus Italia, wartawan, dan pemimpin Partai Fasis Nasional, yang berkuasa sebagai Perdana Menteri dari 1922 sampai ia digulingkan pada 1943. Pendiri fasisme ini tidak pernah membawa uang tunai di kantongnya.

7. Richard Nixon (1913-1994)

Richard Nixon | Via: listverse.com

Richard Nixon dan musuh bebuyutannya John F. Kennedy justru memiliki beberapa kesamaan, salah satunya adalah tidak pernah membawa uang tunai. Namun saat menghadiri "crusade" Billy Graham pada 1970, ia harus meminjam US$ 5 dari penginjil untuk membuat kontribusi.

8. Elvis Presley (1935-1977)

Baru-baru ini ditemukan fakta mengenai rencana Elvis Presley sebelum diumumkan meninggal dunia.

Seorang penyanyi terkenal dan kaya raya ini jarang membawa uang tunai, sekalipun iya, dia tidak pernah memakainya. Pakaian yang digunakannya merupakan custom-made tanpa kantong. Dia memiliki kartu kredit yang kemudian dilelang pada 1994.

9. Ratu Inggris (1926-)

Dinamika yang terjadi pada rupa Ratu Elizabeth II.

Elizabeth II adalah salah satu dari garis panjang bangsawan Inggris terkenal yang tidak pernah membawa uang tunai. Ratu Elizabeth menjadi Ketua Persemakmuran sekaligus ratu dari tujuh Commonwealth Realms merdeka, yaitu Britania Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan dan Sri Lanka. (Shabrina Aulia Rahmah/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini