Sukses

Ada Integrasi Pengelola Tol, Cikarang-Brebes Hanya 3 Jam

Intergasi yang dilakukan oleh operator adalah membagi Jakarta sampai Brebes Timur menjadi dua kluster.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga Tbk memastikan waktu tempuh dari Cikarang, Jawa Barat menuju Brebes Timur, Jawa Tengah, menggunakan tol hanya 3 jam saja. Jasa Marga mampu mempercepat waktu tempuh karena adanya integrasi dari para operator jalan tol.

Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman menjelaskan, perjalanan mudik selalu lebih lama dari hari-hari biasa karena macet akibat jumlah kendaraan membludak. Salah satu penyebab macet tersebut antrean di pintu gerbang tol. 

Oleh karena itu, Jasa Marga dan juga operator jalan tol lain terus mengatur strategi untuk meminimalisir kemacetan. Salah satu langkah yang dilakukan oleh para operator tersebut adalah intergasi. 

Dengan integrasi yang akan dilakukan tersebut, jasa Marga memperkirakan waktu tempuh antaraCikarang hinggaBrebes Timur di kisaran 3 jam. "Cepat sekali. Kami yakin bisa 3 jam, dariCikarang sampai Brebes‎ Timur itu 3 jam," katanya diJakarta, Rabu (4/5/2016).

Intergasi yang dilakukan oleh operator adalah membagi Jakarta sampai Brebes Timur menjadi dua kluster. Kluster pertama yakni dimulai dari Cawang sampai Palimanan dengan jarak 188 km. Sementara kluster ke dua Palimanan sampai Brebes Timur.

Khusus kluster pertama yang di kelola Jasa Marga, dalam menghadapi arus mudik akan menerapkan sistem jemput bola. Artinya, pemakai kendaraan akan mengambil kartu tanda masuk sebelum masuk gerbang tol.

"Setelah mengambil itu mereka akan membayar di Palimanan itu 188 km. Kalau dari Cikarang Utama 30 km masih ada perjalanan 150 km. Pasti akan berhenti istirahat, sholat, makan. Sehingga kita harapkan tiba di Palimanan tidak sama dengan datangnya Cikarang Utama karena perjalanan panjang 150 km," kata dia.

Saat membayar di Palimanan sendiri dipastikan akan lancar karena di sana terdapat 23 gardu untuk menerima pembayaran dan untuk mengambil kartu lagi guna melanjutkan ke Brebes Timur.

‎Dia mengatakan, integrasi ini sudah bisa dilaksanakan pada 13 Juni 2016 mendatang. Namun demikian, dia mengatakan untuk percobaan sudah siap dilaksanakan pada 6-7 Juni 2016. "Nanti mulai dimainkan pada 13 Juni. Menteri PU-PR akan ke lapangan sebelum prakteknya," tambah dia.

Untuk tarif, Adityawarman mengatakan tidak ada perubahan. Dia menuturkan, ‎untuk golongan I dibandrol Rp 109.500 dari Jakarta sampai Palimanan. "Brebes Timur belum diselesaikan, yang terang golongan I Jakarta-Palimanan Rp 109.500 itu pasti," tandas dia. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tol Cipali adalah sebuah jalan tol yang terbentang sepanjang 116 kilometer yang menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta dengan Paliman.
    Tol Cipali adalah sebuah jalan tol yang terbentang sepanjang 116 kilometer yang menghubungkan daerah Cikopo, Purwakarta dengan Paliman.

    Tol Cipali

  • PT Jasa Marga adalah salah satu BUMN yang bergerak di bidang penyelenggara jasa jalan tol.

    Jasa Marga

  • Jalan Tol