Sukses

Strategi Jitu Bikin Tabungan untuk Liburan

Urusan liburan sering kali terpentok masalah biaya. Tak ingin itu terjadi, coba simak ulasan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja terus menerus tanpa liburan bakal membuat kamu penat. Ujung-ujungnya kamu stres dan berdampak pada tingkat produktivitas kerja Anda di kantor.

Untuk itu, sebisa mungkin sisihkan biaya dan waktu luang untuk pergi jalan-jalan.  Minimal tiga bulan sekali menikmati keindahan alam atau budaya, baik di dalam maupun luar negeri ampuh membunuh stres.

Akan tetapi untuk urusan liburan seringkali terpentok masalah biaya. Padahal kalau dipikir-pikir gaji bulanan kamu mencukupi untuk berpergian ke tujuan wisata baik di dalam dan luar negeri.

Karena itu, kali ini tim CekAja.com bakal memberikan kamu strategi efektif untuk bikin tabungan jalan-jalan. Berikut caranya seperti dikutip dari www.cekaja.com, Rabu (4/5/2016):

1. Buat rekening khusus

Bagi kamu yang tidak bisa menabung dengan konsisten, cobalah membuka rekening tabungan yang baru. Bedakan rekening untuk menabung dengan rekening untuk digunakan transaksi sehari-hari.

Jadi, setiap kamu mendapatkan gaji bulanan yang ditransfer ke rekening tabungan reguler sisihkan untuk tabungan. Uang yang disisihkan pada awal gajian tersebut langsung kamu transfer ke rekening khusus yang telah disiapkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beli Emas

2. Gajian? Beli emas

Nah, ini bisa dibilang cara cerdik bagi kamu yang ingin menabung buat jalan-jalan. Dibanding nabung dengan jumlah yang sedikit dan malah dipotong biaya administrasi. Cobalah menabung dengan cara membeli emas. Misalnya setiap gajian, kamu membeli emas batang 24 karat 1 gram.

Lakukan selama 6 bulan atau satu tahun, jual kembali emas tersebut. Kemungkinan harganya akan naik dibandingkan pertama kali kamu beli. Uang yang kamu tabung punya kemungkinan berkembang. Alhasil biaya untuk travelling jadi lebih besar.

3. Simpan pada orang yang kamu percaya

Kamu punya keluarga atau pasangan yang benar-benar bisa dipercaya? Tidak ada salahnya mempercayakan sejumlah uang setiap bulan kepada orang tersebut.

Dengan menitipkan uang kepada mereka, kamu sama saja menjauhkan diri dari kemungkinan untuk menggunakan uang tersebut. Namun, cara ini tetap saja berisiko karena kamu hanya terikat lewat perjanjian tanpa hitam di atas putih.

4. Bikin tabungan rencana

Terakhir dan merupakan solusi terbaik adalah dengan membuka tabungan rencana. Apa itu tabungan rencana? Tabungan rencana merupakan program yang membuat kamu menabung secara rutin melalui penarikan otomatis (autodebet).

Penarikan otomatis ini dilakukan dari rekening tabungan regulermu. Penggunaan autodebet ini tentu akan membuat dirimu mau tidak mau harus menabung apapun kondisinya. Biasanya, penarikan pada tabungan rencana cuma bisa dilakukan sesuai jangka waktu perjanjian. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini