Sukses

BRI Siapkan Rp 5 Triliun Uang Tunai di Libur Panjang Ini

Uang tunai ini akan mengisi kas Unit Kerja Operasional (UKO) dan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) selama hari libur panjang pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyiapkan uang tunai hingga Rp 5 triliun, sebagai langkah antisipasi meningkatnya permintaan uang tunai selama libur panjang di pekan ini.

Uang tunai ini akan mengisi kas Unit Kerja Operasional (UKO) dan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) selama hari libur tersebut.

Corporate Secretary BRI Hari Siaga Amijarso mengungkapkan, alokasi dana akan lebih banyak terfokus untuk mengisi ATM, dengan porsi 78 persen. Sementara 22 persen sisanya untuk kebutuhan dana di UKO.

"Uang tunai tersebut didistribusikan ke 462 outlet dan lebih dari 21 ribu ATM BRI di seluruh Indonesia, selama periode 5 Mei sampai dengan 8 Mei 2016," ujar dia di Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Hari mengatakan, dari total uang tunai yang disiapkan tersebut, sebanyak Rp 1 triliun disebar ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Dari besaran itu, 79,76 persen akan masuk ke ATM.

Selain itu, Bank BRI juga memastikan 230 UKO BRI di seluruh Indonesia akan tetap melayani masyarakat untuk keperluan penerimaan pembayaran pembelian BBM dan non-BBM dari SPBU atau Pertamina pada 6 Mei 2016 atau saat libur cuti bersama. Sedangkan 140 UKO akan beroperasi pada hari Sabtu 7 Mei 2016 dan Minggu 8 Mei 2016.

"140 UKO yang tetap beroperasi di akhir pekan tersebut dapat melayani transaksi setoran atau penarikan tunai rekening BRI, pembukaan rekening, dan pemindah bukuan antar BRI, serta layanan operasional terbatas lainnya," tutur dia.

Terkait dengan aksi kriminalitas yang mungkin terjadi selama libur panjang, BRI menghimbau kepada nasabah agar senantiasa berhati-hati dalam mengambil, membawa serta membelanjakan uangnya.

"Tak perlu membawa uang tunai banyak-banyak. Ambil dan belanjakan uang tunai secukupnya saja. Apabila memiliki keperluan terkait transaksi perbankan, gunakan fasilitas e-banking Bank BRI, baik itu dalam bentuk Mobile banking BRI, internet banking BRI maupun fasilitas e-banking BRI lainnya," ungkap Hari‎.

Selain itu, pihaknya juga meminta nasabah agar selalu menjaga kerahasiaan PIN kartu ATM-nya serta selalu merubah PIN secara berkala. “Bila terjadi permasalahan segera hubungi call center BRI di 14017," tandas dia. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini