Sukses

Kemenhub Imbau Pemilik Jasa Angkutan Sesuaikan Pola Operasi

Kemenhub menyatakan penyesuaian pola operasi oleh pemilik jasa angkutan itu untuk hadapi libur panjang 5-8 Mei 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau kepada pemilik jasa angkutan supaya melakukan penyesuaian pola operasi saat libur panjang 5-8 Mei 2016. Hal ditujukan supaya truk tidak menghambat perjalanan masyarakat melakukan liburan.

Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo ‎ menuturkan, penyesuaian operasi terutama pada truk dengan ukuran besar. "Kalau ada pertanyaan tentang pengendalian angkutan barang, memang diharapkan truk tiga sumbu itu juga bisa menyesuaikan pola operasinya," kata dia, Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Namun demikian, dia menuturkan pihak Kemenhub tidak melarang truk barang saat liburan panjang saat ini. Penghentian operasi truk barang hanya dilakukan saat Lebaran.

"Tapi dalam hal ini, kebijakan Kemenhub tidak melakukan pelarangan sebagaimana dilakukan pada periode lebaran," ujar dia.
Selain itu pihaknya juga mengimbau supaya truk barang tidak melintas di tol namun menggunakan jalur Pantura.

"Demikian juga untuk truk dihimbau pada kondisi padat untuk tidak lewat tol tapi jalur Pantura. Demikian juga pengendalian mengenai kantong parkir, ini juga diimbau kepada masyarakat yang menggunakan rest area untuk bisa mematuhi petugas dan menggunakan rest area secukupnya sehingga area bisa digunakan pengendara yang lain." jelas dia.

Pihaknya juga menuturkan dalam liburan panjang kali ini, Kemenhub menyatakan telah berkoordinasi dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) untuk mengatur lalu lintas.

"Untuk aspek lalu lintas maka jajaran kepolisian melakukan antisipasi terhadap lonjakan yang terjadi dari mulai pengendalian pada pintu tol untuk mengatur kendaraan yang masuk, supaya bisa terbagi bebanya apakah ke arah Pantura, atau tol Cipali, atau lintas tengah kalau di Jawa," ujar dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini