Sukses

5 Cara Bekerja di Luar Kantor yang Efektif

Lebih dari seperempat pekerja di Amerika Serikat (AS) melakukan hal itu setidaknya beberapa jam per minggu.

Liputan6.com, New York - Perlahan-lahan semakin banyak orang yang memilih bekerja di luar kantor. Lebih dari seperempat pekerja di Amerika Serikat (AS) melakukan hal itu setidaknya beberapa jam per minggu.

Banyak hal yang mendasari orang memilih untuk bekerja di luar kantor. Misalnya mencari suasana baru karena suasana kantor cukup monoton. Selain itu, beberapa orang memilih untuk bekerja di luar kantor karena sekaligus memiliki janji dengan klien. 

Tapi untuk membuat bekerja di luar kantor menjadi efektif membutuhkan skenario yang baik. Seperti dikutip Huffingtonpost, Jumat (6/5/2016), ini lima cara melakukannya:


1. Berkomunikasi dengan baik

Anda harus memiliki alat komunikasi yang baik dan efektif agar tetap bisa berkomunikasi dengan karyawan, atasan, atau kolega di kantor. Ada surat elektronik, Skype, dan pesan singkat lainnya untuk mewujudkan hal itu.

2. Jadilah manager yang hebat

Seorang manager memikul tanggung jawab lebih berat lagi kalau memilih bekerja di luar kantor. Ia harus memberikan arahan, tujuan, dan ekspektasi yang tepat ke timnya.

3. Bekerjalah dalam tim

Banyak perusahaan khawatir kebiasaan bekerja di luar kantor bisa memecah-belah tim. Tapi kenyataan yang terjadi bisa jadi sebaliknya. Banyak perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk tetap berkolaborasi dengan tim di kantor. Anda masih tetap bisa bertukar ide atau memberi saran dalam waktu yang singkat.

4. Buatlah pekerjaan ini personal

Bekerja di luar kantor otomatis membuat Anda tidak dekat dengan kolega lainnya. Apalagi jika rekan setim ternyata melakukan hal serupa. Jadi, jangan lupa untuk menanyakan atau sekedar menyapa keseharian rekan kerja lainnya ketika sedang bertemu langsung atau media komunikasi lainnya.

5. Jangan lupakan produktivitas

Banyak orang terkejut ketika beberapa waktu lalu Yahoo! memutuskan meniadakan kebijakan bekerja di luar kantor. Yahoo! melakukannya karena produktivitas perusahaan yang turun.

Supaya bekerja di luar kantor efektif, Anda harus membuat target dan katakan hal tersebut kepada atasan, kolega, atau bawahan Anda. Sangat salah kalau Anda pikir bisa bekerja dari rumah, lalu perusahaan bisa berjalan baik-baik saja. Anda harus terus memonitor produktivitas diri sendiri dan perusahaan. (Elsa/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini