Sukses

Ini Keunggulan dan Kekurangan Pariwisata Indonesia

Saat ini sektor pariwisata menjadi salah satu prioritas pemerintah yang terdapat dalam visi misi Nawa Cita.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menargetkan20 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada 2019. Target tersebut dicanangkan oleh pemerintah karena sebenarnya Indonesia memiliki potensi pariwisata yang cukup besar. Namun memang, potensi tersebut banyak yang masih belum digarap.

Kepala Bidang Strategi Pemasaran Eropa dan Timur Tengah Kementerian Pariwisata ‎Dwi Ratih Siswarini‎ mengungkapkan, pariwisata di Indonesia memiliki banyak kelebihan. Namun selain itu ternyata juga ada kekurangannya. 

Kekurangan dari pariwisata di Indonesia adalah minimnya infrastruktur akses menuju tempat wisata. Hal tersebut membuat biaya transportasi ke lokasi yang dipromosikan menjadi mahal.

"‎Pelayanan infrastruktur ke wilayah destinasi yang kami promosikan terkadang terbentur dengan infrastruktur yang kurang memadai," kata‎Ratih, dalamacara‎ 12th IndonesiaInvestmentWeek, diJIExpo,Kemayoran,Jakarta, Sabtu (7/5/2016).



Ratih melanjutkan, kelemahan berikutnya adalah kesehatan dan kebersihan yang masih kurang diperhatikan pada tempat pariwisata, selain itu juga keberlanjutan lingkungan lokasi pariwisata belum diterapkan. "Kesehatan dan higienis di beberapa tempat yang kita kunjungi, dan keberlanjutan lingkungan," ungkap Ratih.

Di sisi lain, Indonesia memiliki keunggulan dibanding negara lain pada sektor wisatanya, keunggulan tersebut adalah harga paket wisata yang murah ketimbang negara lain. Berikutnya adalah keanekaragaman sumber daya alam yang dimiliki sehingga banyak pilihan tempat wisata untuk menarik wisatawan.

"Persaingan harga paket Indonesia untuk travel cukup murah dibanding negara lain, kita punya keanekaragaman," tutur Ratih.

Saat ini sektor pariwisata menjadi salah satu prioritas pemerintah yang terdapat dalam visi misi Nawa Cita, dengan memasang target 20juta wisatawan manca negara sampai 2019. Sektor pariwisata dapat memberi banyak manfaat, seperti menciptakan lapangan kerja, dan menyumbang pend‎apatan negara.

"Pariwisata memiliki peran penting dalam Product Domestic Bruto (PDB), dapat menciptakan lapangan kerja. Meski pun kondisi global terjadi, perjalanan wisatawan internasional tetap baik," tutup Ratih. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini