Sukses

Purwokerto Bakal Punya Bandara Komersial pada 2017

Bandara Purwokerto akan menampung satu juta penumpang per tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Warga kota Purwokerto dan sekitarnya pantas senang hati pada 2017. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana membangun bandara di Purwokerto.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menjelaskan sebenarnya saat ini di Purwokerto ada pangkalan udara milik TNI-AU. Nantinya, pangkalan udara inilah yang akan dikembangkan oleh pemerintah untuk bisa digunakan secara komersial‎.

"Sekarang itu namanya Pangkalan Udara TNI-AU Wirasaba, nanti kalau dibangun tetap milik TNI-AU, sekarang sudah ada runway dan hanggar, nanti kita bikin terminal penumpang di sana," kata Jonan saat berbincang dengan wartawan, Selasa (10/5/2016).

Tak hanya pembangunan terminal, Kemenhub melalui anggaran 2016 dan 2017 juga akan merapikan runway pangkalan TNI-AU tersebut supaya sesuai dengan standar keselamatan penerbangan sipil yang diberlakukan di internasional.

Jonan menargetkan bandara ini selesai dibangun pada 2017. "Wirasana ini pembangunannya akan dilakukan pemerintah, bukan BUMN. Saya itu kalau bangun seperti itu satu tahun saja selesai," papar Jonan.

Selama ini, Jonan menuturkan, warga Purwokerto dan sekitarnya jika ingin menggunakan pesawat, harus pergi ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui Bandara Adisutjipto. Nantinya, jika pembangunan Bandara Wirasana rampung, akan memudahkan masyarakat sekitar.

Bandara ini didesain mampu untuk menampung satu juta penumpang per tahun. Mengenai berapa investasi untuk membangun Bandara Wirasana, Jonan belum bisa memastikannya. (Yas/Ahm)‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.