Sukses

Melaju hingga 40 Knot, Kapal Tank Pindad Diklaim yang Tercepat

PT Pindad (Persero) bersama PT Lundin Industry Invest tengah mengembangkan kapal perang layaknya tank di laut.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia patut bangga dengan perkembangan industri pertahanannya. PT Pindad (Persero) bersama PT Lundin Industry Invest tengah mengembangkan kapal perang layaknya tank di laut. Kapal yang disebut Tank Boat ini diklaim bisa melesat dengan cepat.

Direktur PT Pindad Silmy Karim mengungkapkan, kapal tank ini akan menyita perhatian di dunia alat pertahanan negara-negara di dunia.

"Memang ada beberapa negara punya boat yang ada cannonnya (meriam), tapi yang kami kembangkan ini jenis catamaran (double hull), jadi kecepatan bisa sampai 40 knot, yang lain tidak bisa secepat itu," kata Silmy saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu (14/5/2016).

‎Sebenarnya, saat ini Swedia sudah memiliki Swedish Combat Boat 90 H dan Finlandia juga sudah mengembangkan kendaraan tempur laut yang dinamakan Patria NEMO 120mm mortar boat‎. Hanya saja semua itu memiliki single hull atau seperti boat biasa.

Tank boat buatan RI ini akan dilengkapi dengan cannon kaliber 105 mm. Besaran amunisi ini dinilai Silmy lebih cocok dan fleksibel dengan tipe tank kapal itu.

Silmy menambahkan, tank boat itu tengah dalam persiapan pembuatan prototype. Setelah selesai, nanti baru akan dibuat maket dan akan dikenalkan ke masyarakat.

"Rencana kita akan kenalkan saat Indo Defence besok November," paparnya.

Dalam pengembangannya, Pindad akan menggandeng PT Lundin yang merupakan perushaan spesialis pembuatan kapal-kapal tempur kelas medium.‎ Nantinya Pindad akan mengerjakan kanon dan tekhnologinya, sementara Lundin akan membangun hull nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini