Sukses

Pemerintah Ingin Impor Daging Kerbau, Ini Kata Pedagang

Pemerintah ingin mengimpor daging kerbau dari India untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah berencana mengimpor daging kerbau dari India untuk memenuhi kebutuhan di masyarakat, terutama menjelang Ramadan dan Lebaran. Rencana kebijakan ini tampaknya ditanggapi santai para pedagang.

Sulaiman (54), pedagang daging sapi di Pasar Tegal Parang, Jakarta Selatan, mengaku tidak khawatir jika nantinya ada daging kerbau impor dijual di pasaran‎.

"Jual saja, tidak apa-apa, karena tidak akan laku, karena rasa daging kerbau dengan sapi itu juga berbeda," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (16/5/2016).


Tidak hanya itu, dia juga menilai masyarakat Indonesia juga sudah pandai dalam membeli barang. Masyarakat dinilai akan kurang merespon keberadaan impor daging kerbau dari India tersebut.

Komentar tidak jauh beda juga diungkapkan pedagang lainnya Anton (38). Menurut Anton, di beberapa daerah di Indonesia memang sudah ada yang terbiasa mengkonsumsi daging kerbau.

Namun jika dibandingkan dengan ‎daging sapi, masyarakat tetap lebih memilih sapi, meski harganya sedikit di atas daging kerbau. "Kalaupun ada, jualnya susah. Kalau cuma harganya selisih Rp 10 ribu atau Rp 15 ribu, orang pasti lebih memilih daging sapi," tegas dia.

Diakuinya, memang saat ini harga daging sapi masih di atas Rp 90 ribu per kg. Anton mengaku, seharusnya yang dilakukan pemerintah adalah meningkatkan pasokan dan memotong rantai distribusi, bukan dengan mengimpor daging kerbau. (Yas/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini