Sukses

Kemenpan-RB Gelar Simulasi Tes CPNS di Universitas Trisakti

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi/Kementerian PAN-RB melaksanakan simulasi Computer Assited Test (CAT) dalam acara Job Fair di Universitas Trisakti, Jakarta.

Simulasi CAT ini merupakan road show Kementerian PAN-RB dalam rangka sosialisasi persiapan pengadaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS).

"Kementerian PANRB akan terus mengadakan road show untuk simulasi CAT tes CPNS. Hal ini mengingat masyarakat sangat antusias untuk mencoba simulasi CAT ini," kata Kepala Biro Hukum dan KIP Kementerian PANRB Herman Suryatman, Jumat (20/5/2016).

Dalam simulasi CAT, banyak mahasiswa yang mencoba mengikuti test, terhitung sampai siang kemarin sudah lebih dari 100 fresh graduate dan pencari kerja yang mencoba simulasi CAT.

Mereka tertarik karena ingin mengetahui sejauh mana kemampuan mereka dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh pemerintah dalam tes kompetisi.

Herman mengatakan, kampus Universitas Trisakti ini merupakan kampus swasta pertama yang diikut sertakan dalam simulasi. Tujuannya, agar tidak hanya kampus negeri saja yang dapat mencoba.

"Mahasiswa yang ingin mendaftar sebagai PNS tidak harus dari kampus-kampus negeri saja tetapi juga kampus swasta. Harapannya bukan hanya kampus Trisakti saja yang mengadakan simulasi tetapi kampus swasta lainnya," kata Herman.

Wakil Rektor II Universitas Trisakti Prof. Dr. Itjang D Gunawan mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi keterlibatan Kementerian PANRB dalam acara Job Fair yang diselenggarakan Usakti.

Dia mengatakan, dengan adanya simulasi CAT ini membuat masyarakat, khususnya mahasiswa tidak perlu sulit mencari soal saat ingin tes CPNS.

"Jadi peminatnya tidak usah repot-repot mencari soal-soal untuk tes CPNS. Harapannya, sebenarnya maunya mahasiswa berwiraswasta tapi ada sebagian ingin menjadi PNS dan itu terserah mahasiswanya, mudah-mudahan dengan adanya simulasi ini tes membuat wawasan mereka terbuka," kata Itjang.

Selain Kementerian PANRB, ada sekitar 37 perusahaan yang ikut dalam acara Job Fair tersebut. Diantaranya yaitu PT BNI, PT Samsung Elektronik Indonesia, BCA, PT Trijaya Pratama Futures, Education First (EF), PT Asuransi MSIG Indonesia, Bank Mandiri, PMElectric, PT PANARUB INDUSTRY, PT Bumi Cahaya Unggul, PT Metropolitan Bayutama, PPM School Of Management, Bank Danamon, Alfamart, SF Consulting, Bank Sinarmas, PT Indomarco Adi Prima.

Indobara Bahana, Panin Bank, Prudential, Meratus, Daihatsu, Veritrans, Kenari Djaja, PT Konstruksi Indo Machinery, Karir.com, PT. Saga Machine, Digital Scale in Gewinn, Baliduta Mandiri, Tunas Group, Propan The Paint Specialist, Maxco Futures, PT Bank Multiarta Sentosa, Furniture Center Interior Desig,N golden Solution, dan OCBC NISP.  (Yas/Ahm)

Artikel Selanjutnya
Bos Kadin: Konsep Bisnis 7-Eleven Kurang Tepat di RI
Artikel Selanjutnya
Wamen ESDM: Data Subsidi Listrik Buatan Manusia, Pasti Ada Cacat