Sukses

5 Kesalahan Investasi yang Sering Dilakukan Selebritas

Para selebritas mengeluarkan banyak uang yang mereka pikir itu adalah investasi. Padahal sebenarnya tidak.

Liputan6.com, New York - Selebritas sebenarnya sama seperti kita. Mereka mencari banyak uang tapi kemudian mereka menghilangkan uang tersebut dengan menginvestasikan ke sesuatu yang yang memiliki imbal hasil yang bagus.

Mengutip CNN Money, Senin (23/5/2016),Todd Morgan, Co-founder of Bel Air Investment Advisors, perusahaan yang membantu para orang kaya dan terkenal untuk menginvestasikan uang, mengatakan bahwa banyak orang kaya menghabiskan uang mereka untuk membeli barang yang tidak berguna.

Membeli barang-barang tersebut mereka anggap sebagai sebuah investasi. Padahal jika dilihat lebih dalam, barang yang mereka beli tersebut hanya akan membuat rumah mereka bertambah sesak saja dan tak memiliki nilai investasi yang baik. 

Para artis tersebut mendapat masukan dari penjual bahwa apa yang mereka beli tersebut nantinya akan memiliki harga yang berlipat-lipat. Padahal sebenarnya tidak, pembelian tersebut justru hanya membuang uang saja. 

"Mereka mengeluarkan banyak uang yang mereka pikir itu adalah investasi. Padahal sebenarnya tidak," jelas dia.

Ia melanjutkan, beberapa kliennya terus berusaha untuk membeli rumah. Mereka membeli rumah kedua dan juga ketiga sehingga menghabiskan uang. "Saya beri tahu mereka, hal tersebut justru merugikan." terangnya. 

Membeli rumah jika tidak digunakan hanya akan membuang uang saja. Rumah tersebut harus menghasilkan uang kembali dan hal tersebut tidak terjadi jika hanya didiamkan saja. 

Lalu, kesalahan investasi apa saja yang sering dilakukan oleh para selebritas? berikut petikannya:

1. Membeli aset yang terdepresiasi

Banyak selebritas yang percaya bahwa membeli pesawat atau kapal pesiar merupakan investasi yang menarik. Padahal kenyataannya tidak. Mereka justru membuang uang.

"Pesawat dan kapal merupakan dua barang yang tidak memberikan hasil tinggi. Ketika mereka menjualnya pasti dengan harga diskon," terang Morgan.

2. Berinvestasi di perusahaan teknologi

Morgan mengatakan bahwa banyak dari klien dia yang terpesona dengan perusahaan teknologi dan kemudian mereka membeli perusahaan tersebut. Padahal tak semua perusahaan teknologi menghasilkan uang. Banyak juga perusahaan teknologi yang tidak pernah menghasilkan keuntungan.

Banyak dari Klien Morgan yang tetap ngotot untuk berinvestasi di perusahaan teknologi dan mereka beruntung jika uang dari investasi tersebut bisa kembali 50 persen.

3. Menerima saran investasi dari teman

Para selebritas sering kali mendapat pandangan dari kenalan mereka dan langsung mempercayai apa yang diungkapkan oleh kenalan tersebut. Kadang mereka ikut terjun ke bisnis kenalan tersebut karena cukup percaya. Namun ternyata setelah satu tahun berjalan bisnis tersebut tak kunjung menguntungkan bahkan ada juga yang sudah gulung tikar.

4. Berinvestasi di restoran

Banyak artis yang berinvestasi di restoran. Sebut saja Jennifer Lopez dan Robert De Niro. restoran yang didirikan oleh para artis tersebut mampu bertahan. Di luar nama-nama itu, masih banyak artis lain yang juga berbisnis restoran, namun hasilnya tak sama.

Berdasarkan data Asosiasi Restoran Amerika Serikat (AS), setiap tahunnya terdapat 60 ribu restoran baru dibuka, dan kemudian 50 ribu diantaranya tutup.

5. Menjual semuanya ketika pasar saham anjlok

Pada saat krisis keuangan 2008, banyak orang takut berinvestasi dan kemudian secara cepat melikuidasi investasi mereka.

Menurut Morgan, banyak selebritas yang terlalu takut dengan apa yang terjadi pada besok dan bukan tahun depan. Seharusnya sebagai investor berpandangan lebih panjang sehingga tidak langsung menjual portofolio mereka ketika pasar bergejolak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini