Sukses

Tanggapan JK soal Bank Ambil Untung dari Rakyat Kecil

Wakil Presiden Jusuf Kalla pun mengajak semua pihak agar memajukan sektor pertanian.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyoroti bunga tinggi yang diterapkan bank kepada usaha kecil. JK cukup senang melihat besarnya keuntungan bank, tapi tidak diambil dari rakyat kecil.

"Saya bangga kepada bank yang untung tapi tidak bangga pada bank yang untung dari rakyat kecil," ujar JK Balai Kartini, Jakarta, Senin (23/5/2016).

Beberapa tahun belakangan, usaha kecil terus disibukkan dengan pencarian dana untuk meningkatkan usaha. Setelah dapat, mereka juga pusing dengan bunga yang justru lebih tinggi dibanding usaha besar lainnya.

Karena itu, JK ingin ada upaya lebih dari pemerintah untuk menangani permasalahan ini. Salah satunya dengan melakukan kebijakan yang adil.

"Kalau beberapa waktu yang lalu, kredit usaha kecil lebih mahal daripada yang besar, itu namanya diskriminasi negatif untuk para petani, para rakyat kecil. Sekarang kita harus balik, baru negeri ini bisa adil," tegas JK.

Karena itu, JK mengajak semua pihak untuk berupaya memajukan sektor pertanian. Sebab, Indonesia memiliki kesempatan besar untuk mengubah sektor pertanian menjadi lebih baik.

"Tidak ada negara yang bergolak karena kurang maju. Negara bergolak selalu karena kurang adil. Lihat sajalah kita semua, ketidakadilan yang bisa menimbulkan masalah pada bangsa ini. Apalagi dibarengi tidak adil, miskin lagi, itu lebih bahaya lagi," ujar JK. (Ahmad R/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini