Sukses

Kadin Siap Jaga Pasokan dan Harga Bahan Pokok saat Puasa

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) berjanji akan memenuhi kebutuhan bahan pokok saat puasa (ramadan) dan Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) berjanji akan memenuhi kebutuhan bahan pokok saat puasa (ramadan) dan Lebaran. Kadin juga berkomitmen untuk menjaga harga agar tetap stabil.

Ketua Kamar Dagang Industri Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani mengatakan, pengusaha membutuhkan data-data kebutuhan ‎masyarakat saat puasa dan lebaran, agar dapat memasok bahan pokok sesuai kebutuhan.

"Tentu kita biasanya ada kecukupannya baik ramadhan maupun pada bulan-bulan sebelumnya. Kita sih menginginkan supaya datanya benar- benar,‎ kalaupun ada kebutuhan impor sesuaikan dengan kebutuhan ada," kata Rosan, dalam acara Inovasi Rantai Nilai, di Balai Kartini,Jakarta, Senin (23/5/2016).

Rosan mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pengusaha menyiapkan impor bahan pokok, namun impor tidak dilakukan secara besar-besaran.

"Mesti ada keseimbangan antara kebutuhan dengan kuota impor. Kalau kebanyakan petani juga akan protes," tutur Rosan.

‎Menurut Rosan, pengusaha akan berusaha menjaga harga bahan pokok di pasar tetap stabil saat puasa, karena itu diperlukan data kebutuhan agar pasokan bahan pokok tetap terjaga dan menghindari kelangkaan yang dapat memicu kenaikan harga.

"Makanya data ini sangat krusial. Kita juga bicara secepatnya dengan pihak-pihak terkait supaya tidak terlalu tinggi. Supaya harga stabil," tutup Rosan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.