Sukses

Cerita Jokowi Saat Merintis Karier Jadi Pengusaha

Jokowi memberikan kiat sebagai pengusaha kepada peserta Jambore Hipmi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Jambore Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Telkom University Convention Hall, Bandung. Dalam pidatonya, ia menceritakan kegagalannya saat merintis karier sebagai pengusaha.

"Saya mengalami rem blong tiga kali (gagal di dunia usaha 3 kali)," kata Jokowi, Senin (23/5/2016).

Setelah mengalami ketidakberhasilan sebanyak tiga kali, barulah usaha yang dirintis Presiden saat menjadi pengusaha menuai keberhasilan. Untuk itu, Presiden memberikan kiat-kiat kepada peserta Jambore Hipmi sebagai pengusaha. 

"Jika ingin menjadi pengusaha, jangan mikir dulu, terjuni dulu dan jalani," ucap Jokowi.

"Kalau jatuh, bangkit lagi, harus seperti itu," tambah dia.

Pengusaha mebel dari Solo ini menjelaskan di Indonesia baru 1,6 persen penduduknya yang berprofesi sebagai pengusaha. Angka itu terbilang kecil, karena di wilayah Asean, rata-rata yang berprofesi sebagai pengusaha sebesar 4 persen.

Jokowi kembali mengingatkan Indonesia saat ini telah memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan hampir setiap dua bulan dirinya bertemu dengan kepala negara dari ASEAN.

"Baru 2-3 hari yang lalu kita juga bertemu di Rusia. Selalu kalau kita ketemu selalu bergandeng-gandengan," kata di‎a.

"Ini perlu saya ingatkan, meskipun yang hadir di sini adalah 140 pengusaha muda juga dari ASEAN. Saya ingatkan bahwa selain kawan, mereka adalah pesaing kita," ujar Jokowi.‎ (Silvanus A/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini