Sukses

6 Tanda Rekan Kerja Tak Percaya pada Anda

Rasa percaya antar rekan kerja di kantor sangat penting hingga diumpamakan sebagai oksigen saat bekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Rasa percaya antar rekan kerja di kantor sangat penting hingga diumpamakan sebagai oksigen saat bekerja. Pengamat tempat kerja ternama Lynn Taylor, mengatakan, tak hanya rekan kerja, beberapa atasan bahkan bersikap kekanak-kanakan sehingga mengurangi rasa percaya orang lain pada dirinya.

Melansir laman Business Insider, Selasa (24/5/2016),  menurutnya, tanpa rasa percaya, hubungan kerja di kantor dapat hancur bahkan tak jarang karier Anda juga ikut berantakan. Saat atasan dan tim kerja percaya, mereka juga yakin terhadap integritas dan karakter pribadi Anda.

 


"Karier Anda dapat tumbuh dengan gemilang," tutur Taylor.  Dengan begitu, sebaiknya Anda mengenali beberapa tanda rekan kerja tak mempercayai Anda.

Hal itu, agar Anda bisa segera memperbaiki sikap dan kinerja di kantor. Berikut enam tanda atasan atau teman kerja tak mempercayai Anda:

1. Firasat

Saat memiliki firasat buruk dan merasa atasan tak mempercayai Anda, itu mungkin hanya pikiran negatif saja. Tapi terkadang, itu bisa saja benar.

Percaya pada firasat yang muncul dan cobalah untuk melihat tanda-tanda lain.

2. Kurang mendapat dukungan

Orang-orang tidak ingin menghabiskan waktu dan energi untuk mendukung karyawan yang tidak dipercaya. Jadi, saat bantuan atau komunikasi yang mereka lakukan sangat minim, itu merupakan tanda kuat rendahnya rasa percaya pada Anda.

Tanda lain, Anda juga tak dilibatkan dalam berurusan dengan klien penting. Anda bahkan ditinggalkan sendiri dalam mengerjakan pekerjaan biasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Percakapan berubah

3. Percakapan berubah saat Anda datang

Pernahkan merasa teman-teman di kantor berhenti atau mengganti topik pembicaraan saat Anda datang? Itu merupakan tanda yang sangat jelas, bahwa mereka tak nyaman melibatkan Anda pada topik tertentu. Itu seringkali disebabkan rendahnya rasa percaya pada Anda.

4. Rekan kerja tak minta bantuan Anda

Saat rekan kerja atau bawahan memilih bekerja sendiri tanpa arahan atau bantuan Anda berarti rasa percayanya telah berkurang.

Anda mulai tak dilibatkan di berbagai pertemuan penting. Pasalnya, orang merasa Anda hanya menganggu pekerjaan penting di kantor.

3 dari 3 halaman

Pekerjaan dicek ulang


5. Pekerjaan Anda selalu dicek ulang

Saat seseorang selalu ditugaskan untuk mengecek ulang pekerjaan Anda, itu merupakan tanda rendahnya rasa percaya atasan. Tak laporan penting, pekerjaan sederhana saja selalu harus diperiksa ulang.

Ini merupakan salah satu tanda besar lunturnya rasa percaya atasan pada Anda.

6. Banyak rumor tak sedap

Sejumlah rekan kerja mungkin akan senang bergosip tentang Anda. Lagipula, gosip dan penyebaran rumor dapat menjadi kesenangan rekan kerja di kantor.

Hati-hati jika rumor yang disebarkan berkaitan dengan Anda, bisa jadi, mereka sudah tak lagi percaya pada kinerja Anda. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.