Sukses

5 Alasan Penting Punya Kartu Kredit

Jika digunakan secara bijak tidak akan mustahil kartu kredit dapat membawa manfaat bagi seseorang.

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit 2memang sudah jamak terdengar di kalangan banyak orang, atau bahkan banyak dari pengguna kartu kredit yang dapat membuat seseorang pusing.

Hal itu muncul gara-gara kebanyakan orang yang memiliki kartu kredit terjebak dalam lingkaran utang.

Padahal kesalahan itu muncul akibat dari karena tidak adanya kedisiplinan dalam mengatur penggunaan kartu kredit.

Alhasil karena tidak bisa membedakan antara nafsu sesaat dan kebutuhan, akhirnya tagihan pun menjadi membengkak dan kesulitan untuk mengatasinya.

Walaupun anggapan negatif mengenai kartu kredit masih tetap menempel. Pada intinya tidak usah takut untuk memiliki kartu kredit atau anti terhadap yang namanya kartu kredit.

Jika digunakan secara bijak, tidak akan mustahil kartu kredit bisa banyak membawa manfaat bagi diri Anda. Mau tahu apa saja manfaat yang dimaksud? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari www.cermati.com:

1. Alat Pembayaran yang Praktis

Kartu kredit memang menjadi alat pembayaran yang praktis, dengan hanya digesek, anda sudah bisa membawa pulang barang yang telah dibeli dan membayar berbagai macam tagihan.

Atau bisa juga digunakan untuk membeli tiket pesawat untuk berlibur, sampai tarik tunai saat Anda membutuhkan dana tunai cepat.

Asalkan dimanfaatkan dengan bijak, pembayaran dengan menggunakan kartu kredit merupakan pilihan yang tepat. Sesuaikan pemakaian kartu kredit dengan pemasukan Anda dalam sebulan, jangan sampai besar pasak daripada tiang atau lebih banyak uang yang Anda keluarkan daripada yang Anda dapatkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bayar Praktis



2. Mempermudah Urusan Perbankan

Memiliki kartu kredit yang aktif selama minimal satu tahun, akan memudahkan anda untuk mengajukan pinjaman ke bank seperti kredit tanpa agunan (KTA).

KTA ini memang menjadi salah satu cara andalan untuk mendapatkan dana segar. Selain karena proses yang relatif cepat, anda juga tidak perlu menjaminkan aset yang dimiliki.

Kenapa kebanyakan bank mewajibkan kartu kredit sebagai syarat ketika melakukan pengajuan pinjaman. Karena dengan mengecek riwayat pemakaian kartu kredit anda, pihak bank menjadi tahu kondisi keuangan anda saat ini dan tahu kedisiplinan saat membayar cicilan.

3 dari 5 halaman

Nikmati Promo

3. Anda bisa Menikmati Beragam Promo yang Disediakan

Sudah menjadi hal yang umum ketika sebuah kartu kredit memiliki berbagai promo yang disediakan yang pastinya susah untuk anda untuk menolaknya.

Dari mulai program diskon, point rewards, sampai cash back. Tak sedikit juga merchant dan tempat makan yang memberikan diskon lumayan setiap anda menggunakan kartu kredit yang dimiliki. Biasanya dengan mengumpulkan point rewards, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan seperti door prize dan hadiah menarik lainnya.

Misalnya saja, setiap Anda berbelanja senilai 100 ribu anda bisa mendapatkan 10 point. Kalau point yang dikumpulkan telah mencapai jumlah tertentu anda bisa menukarkannya dengan hadiah menarik lainnya.

Lain lagi jika membicarakan mengenai cash back, program yang diadakan ini biasanya merupakan jalinan kerjasama antara merchant dengan bank penerbit kartu kredit.

Contohnya saja jika merchant menjual smartphone dengan harga Rp 9 juta dengan cash back yang diberikan sebesar 10 persen. Jika Anda membelinya menggunakan kartu kredit, maka anda akan mendapatkan cash back sebesar Rp 900 ribu dan untuk membayar smartphone tadi anda hanya mengeluarkan uang senilai Rp 8,1 juta.

4 dari 5 halaman

Modal Usaha



4. Modal Usaha

Kartu kredit juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai modal usaha, karena dia dapat menolong biaya produksi barang dari bisnis yang tengah dijalani.

Misalnya saja bisnis yang dirintis selalu berhubungan dengan kegiatan transaksi yang dilakukan secara online, maka  memanfaatkan kartu kredit semua akan berjalan dengan mudah.

Apabila kartu kredit yang dimiliki mempunyai utang justru bisa membantu anda mendapatkan pemasukan sampingan. Mulai mencoba membuka usaha sampingan yang tidak terlalu memakan biaya yang besar seperti bisnis kuliner, atau berjualan secara online.

5 dari 5 halaman

Mudah Pantau Pengeluaran

5. Mudah untuk Memantau Pengeluaran

Seringkali orang mengacuhkan biaya pengeluaran per bulan. Walaupun di sisi lain anda memiliki gaji yang besar, semua itu tidak akan terasa kalau tidak tahu kemana perginya penghasilan yang anda miliki. Dengan menggunakan kartu kredit, semua biaya pengeluaran anda akan tercatat dalam bentuk tagihan setiap bulan.

Dengan tagihan tersebut anda bisa dengan mudah memantau biaya apa saja yang telah dipakai, apalagi jika anda merasa malas untuk mencatat berbagai pengeluaran.

Tetapkan Tujuan Anda Menggunakan Kartu Kredit

Beberapa alasan di atas dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum mengajukan kartu kredit, tidak hanya itu menetapkan tujuan Anda menggunakan kartu kredit menjadi salah satu poin yang tidak kalah penting. Hal ini akan membantu Anda untuk mengontrol penggunaan kartu kredit yang Anda miliki. Jadi, bijaklah menggunakan kartu kredit Anda. (Ahm/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.