Sukses

Pertamina Garap Blok Ambalat Timur

Production Sharing Contract (PSC) Blok East Ambalat akan berlaku selama 30 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mendapatkan kepercayaan pemerintah untuk mengelola Blok Ambalat Timur (Blok East Ambalat). Nantinya, blok tersebut akan dioperatori PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Ambalat Timur.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, PT PHE Ambalat Timur yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi, bertindak selaku operator dengan menguasai 100 persen saham pada blok tersebut.

"Penguasaan Blok East Ambalat juga memiliki arti strategis bagi Pertamina dalam upaya mengembangkan aktivitas eksplorasi aset domestik, khususnya di area Deep Water dan frontier," kata wianda, di Jakarta, Rabu (25/4/2016).
‎
Production Sharing Contract (PSC) Blok East Ambalat akan berlaku selama 30 tahun dengan komitmen pasti pada tiga tahun pertama sebesar US$ 8,5 juta.‎

‎Blok East Ambalat terletak di perbatasan Indonesia - Malaysia dan secara geologi berada di Cekungan Tarakan, perairan laut dalam Kalimantan Utara, dengan jarak ± 80 km di sebelah Timur Kota Tarakan dengan kedalaman air laut berkisar 2,000 m. Blok ini mencakup area seluas 4.735 km2.  Blok East Ambalat terletak sekitar 100 km ke Bunyu Production Facilities.

Pengembangan bisnis hulu merupakan salah satu dari 5 pilar prioritas strategis Pertamina untuk mencapai visi sebagai World Class National Energy Company pada 2025.

Dengan semangat aggressive upstream, profitable downstream Pertamina terus berupaya untuk dapat meningkatkan kontribusinya sebagai perusahaan minyak nasional (National Oil Company/NOC) dari posisi saat ini yang masih sekitar 26 persen terhadap total produksi nasional. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.