Sukses

Ini Cara Pemerintah Jadikan Danau Toba Tujuan Wisata Prioritas

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli akan menjadikan Danau Toba sebagai salah satu tujuan wisata paling penting Indonesia. Maka dari itu, pemerintah merencanakan sejumlah pembangunan untuk mendorong pariwisata di tempat tersebut.

"Insya Allah dengan izin Tuhan dan komitmen Presiden Jokowi cita-cita mewujudkan sebagai tujuan wisata nomor 3 paling penting setelah Bali," kata dia di Gedung BPPT Jakarta, Rabu (25/5/2016).

‎Dia mengatakan, salah satu cara untuk mendorong pariwisata Danau Toba ialah pengembangan Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Rizal menambahkan, kini rute dengan tujuan tersebut sudah diminati masyarakat.

"Kita sudah buka lapangan terbang Silangit. Frekuensi lumayan bagus, penumpang penuh," kata dia.

Rizal Ramli mengatakan, nantinya akan dikembangkan pula infrastruktur jalan yang menghubungkan Medan dan Parapat. Dengan begitu, jarak tempuh‎ akan berkurang dari 7 jam menjadi 3 jam.

"Kita harus kurangi sekitar 3 jam baru turis lokal banyak," ujarnya.

‎Selain itu, Rizal Ramli menuturkan pemerintah akan membuka jalan ring road di dalam dan luar Pulau Samosir. Hal tersebut untuk meningkatkan akses di wilayah tersebut.

"Tapi yang paling penting kita harus bersihkan Danau Toba jangan sampai danaunya kotor, bau, banyak keramba malah orang nggak mau datang," tuturnya.

Rizal juga menambahkan, aspek lain yang bisa menjadi daya tarik Danau Toba bagi turis asing adalah dari keramahtamahan penduduknya. Rizal juga menyebut, orang Sumatera Utara atau suku Batak pandai bernyanyi dan romantis.

"Orang batak gembira sekali, pandai bernyanyi, romantis kekuatan yang besar, dan saya percaya impian puluhan tahun jadi kenyataan," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini