Sukses

Kompetisi Kapal hingga Durian Ramaikan Sail Selat Karimata 2016

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan menyelenggarakan sejumlah kompetisi untuk meramaikan Sail Selat Karimata 2016 yang digelar dari Agustus sampai Oktober 2016. Acara Sail Selat Karimata 2016 sendiri melibatkan 4 provinsi yang terdiri dari ‎Kalimantan Barat, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, dan Provinsi Jambi.

Selaku Panitia Pengarah, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli ‎tak ingin acara Sail Selat ‎Karimata 2016 hanya sebatas seremonial. Dia berkeinginan acara kali ini juga dilengkapi dengan sejumlah kompetisi sehingga acara tersebut meriah dan menjadi sorotan internasional.

"‎Sesuai dengan permintaan Presiden, kita tidak ingin gelaran ini hanya even biasa saja. Kita ingin memberikan manfaat sebelum dan sesudahnya untuk rakyat di 4 provinsi sebagai pembangunan yang terkoordinasi," kata dia dalam rapat koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait Pelaksanaan Sail Karimata 2016, di Gedung BPPT Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Dia menuturkan, dalam acara tersebut nanti akan digelar kompetisi internasional yacht, kapal naga dan kapal tradisional. Tak hanya itu, Rizal menuturkan akan menggelar kompetisi internasional tekstil, durian, dan sambal internasional. "Akan ada kompetisi duren. Masa cuma Malaysia. Kita juga banyak yang top," ujar dia.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, Kementerian Perindustrian akan mendukung acara ini dalam hal penyediaan souvenir. Kementerian Perindustrian akan mendorong industri kecil menengah (IKM) menyediakan cindera mata dalam perayaan acara ini.

"Misalnya dengan IKM dalam rangka souvernir cindera mata yang dijual di masing-masing kabupaten yang melakukan festival ini. Ini akan menjadi buah mata dikenang masyarakat luas terutama wisatawan. Kami prinsipnya mendukung untuk suksesnya Sail Karimata," tukas dia.

Sail Selat Karimata 2016 sendiri terdiri dari empat bagian besar acara. Pertama‎, seminar nasional tentang kemaritiman di Jambi pada 25 Agustus 2016. Kedua, acara puncak yang akan dilaksanakan pada 15 Oktober 2016 di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Ketiga, Festival Belitong pada 22 Oktober 2016. Ke empat, festival bahari Kepulauan Riau pada 28 Oktober 2016. 

Artikel Selanjutnya
Wonderful Sail 2 Indonesia Berlayar Menuju Eksotisme Pulau Riung
Artikel Selanjutnya
Dukung Sail Sabang 2017, Prima Air Buka Rute Langkawi-Sabang