Sukses

Mengenal Pria Iran yang Jadi Bos Bergaji Tertinggi di Dunia

Dara pernah menjabat posisi penting di IAC Travel juga TripAdvisor, dan bergelut di beberapa perusahaan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Dara Khosrowshahi bisa jadi masih asing di telinga. Perusahaan yang dipimpinnya pun tak sering muncul di publik. Tapi dia adalah CEO bergaji paling tinggi di dunia.

Pria kelahiran Iran ini adalah CEO Expedia Inc sejak 9 Agustus 2005 dan juga menjabat sebagai Presiden Expedia Worldwide. Pengalamannya memimpin perusahaan yang bergerak di bidang travel membuat Dara dipercaya memimpin perusahaan ini.

Dara juga pernah menjabat posisi penting diIACTravel jugaTripAdvisor, dan bergelut di beberapa perusahaan lainnya.

Menurut CNBC, Dara adalah CEO yang dibayar paling mahal di 2015 lalu, dengan bayaran mencapai US$ 94,6 miliar atau sekitar Rp 1,2 triliun dalam setahun (asumsi kurs 13.000 per dolar AS). Bayaran yang ia dapatkan ini naik 881 persen dibanding tahun sebelumnya.

Dikutip dari Fortune, Jumat (27/5/2016), di 2015 lalu, gajinya US$ 9,6 juta. Itu pun sudah 89 kali lebih besar dibanding bayaran yang didapat karyawannya, menurut Glassdoor. Meski tak ada hitungan pasti berapa rata-rata karyawannya di Expedia mendapatkan bayaran, tapi gajinya sekarang di 2015 dipercaya lebih besar hingga 4.756 kali lipat.

Bayaran yang didapat Dara di 2015 terdiri dari US$ 1 juta gaji pokok yang ia dapat, US$ 2,8 juta bonus, dan US$ 90,8 juta kompensasi dari kinerja saham, atau sotck option awards. Dia mendapatkan itu karena dia berkomitmen akan terus berada di Expedia hingga 2020.

Seperti diketahui, Dara Khosrowshahi CEO yang mendapat bayaran paling tinggi tahun lalu. Beberapa nama yang muncul mungkin terasa asing di telinga, kecuali untuk nama Marissa Mayer. CEO Yahoo ini mendapatkan gaji sekitar US$ 36 juta atau Rp 468 miliar dalam setahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.