Sukses

Universitas Pertamina Tawarkan Beasiswa Ekonomi dan Prestasi

Beasiswa prestasi terdiri dari dua kategori yakni beasiswa Lomba Karya Kreatif dan Inovatif dan beasiswa dari Nilai Ujian Masuk Terbaik.

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Pertamina memberikan dua jenis beasiswa hingga delapan semester yang bisa dimanfaatkan calon mahasiswa. Beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa ekonomi dan beasiswa prestasi.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina Ichsan Setya Putra mengatakan, penerima beasiswa ekonomi akan dibebaskan dari Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dan Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) hingga semester delapan ditambah biaya hidup.

Bagi calon mahasiswa yang akan mengajukan beasiswa ekonomi hanya perlu mendaftar secara umum dan melakukan pembayaran biaya pendaftaran. Pada saat melakukan pengisian data diri, akan terdapat pilihan beasiswa.

"Peserta hanya perlu mengisi informasi yang dibutuhkan sebagai persyaratan untuk mengajukan beasiswa tersebut,” kata Ichsan, di Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Ichsan melanjutkan, untuk mendapat beasiswa prestasi terdiri dari dua kategori yakni beasiswa Lomba Karya Kreatif dan Inovatif dan beasiswa dari Nilai Ujian Masuk Terbaik.

Sebanyak 20 persen peserta yang lulus ujian masuk dengan nilai terbaik dibebaskan biaya SPI sebesar Rp 10 juta. Peserta yang lulus ujian masuk dengan peringkat antara 20 persen hingga 40 persen terbaik akan mendapatkan potongan sebesar 50 persen biaya SPP.

Beasiswa lewat Lomba karya kreatif dengan tema Energi Muda Masa Depan Bangsa itu meliputi kompetisi karya tulis ilmiah populer, desain grafis, dan aplikasi digital. Peserta lomba sudah dapat melakukan registrasi dan mengirimkan karyanya sejak 7 April sampai dengan 4 Juni 2016. Syarat dan ketentuan lomba ini semuanya ada di website pertamina.com dan universitaspertamina.ac.id.

Vice Presiden Communication PT Pertamina Wianda Pusponegoro melanjutkan sebanyak 15 peserta terbaik atau 5 orang dari tiap-tiap kategori akan mendapatkan beasiswa penuh untuk kuliah di Universitas Pertamina dari semester satu hingga delapan. Mahasiswa juga akan diberikan tunjangan biaya hidup selama periode beasiswa.

“Nilai total hadiah untuk lomba karya kreatif dan inovatif ini lebih dari Rp 2 miliar,” tegasnya.

Wianda berharap para lulusan SMA dan sederajat memanfaatkan kesempatan beasiwa ini. Sebagai korporasi yang berkecimpung di dalam dan luar negeri, Pertamina sangat tahu yang diperlukan industri saat ini dan ke depan, termasuk dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Universitas Pertamina yang berlokasi di kawasan Simpruk, Jakarta Selatan tercatat memiliki enam fakultas dengan 15 program studi. Baik fakultas teknik maupun nonteknik semuanya difokuskan pada konteks pengembangan pengetahuan dan riset bidang bisnis dan teknologi energi. Universitas Pertamina pada tahunajaran pertama menerima sekitar 1.000 mahasiswa baru.

Pada 4 Juni ini akan dilakukan ujian masuk di empat kota yakni Medan, Makassar, Yogyakarta dan Bandung. Sementara pada 5 Juni di empat kota masing-masing Balikpapan, Surabaya, Jakarta dan Palembang. Pendaftaran ujian masuk dapat dilakukan hingga tanggal 2 Juni‎.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini