Sukses

Harga Emas Ambles ke Level Terendah 3 Bulan

Harga emas dunia tercatat turun 1 persen ke level terendah dalam tiga bulan.

Liputan6.com, New York - Harga emas dunia tercatat turun 1 persen ke level terendah dalam tiga bulan pada penutupan perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB).

Dilansir dari Reuters, Sabtu (28/5/2016), pelemahan merespons pernyataan Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed Janet Yellen soal peluang kenaikan suku bunga The Fed dalam beberapa bulan ke depan jika ekonomi AS terus membaik.

Pernyataan Yellen ini memperkuat nilai tukar dolar AS terhadap mata uang lainnya. Penguatan dolar AS menekan permintaan emas karena harga logam mulia tersebut menjadi terasa mahal bagi pembeli yang memegang mata uang lainnya sehingga menekan harga.

Harga emas di pasar spot turun 0,9 persen menjadi US$ 1.208,90 per ounce, menyentuh level terendah sejak 22 Februari. Harga emas tercatat turun 3,5 persen, penurunan terbesar sejak awal November.

Sementara harga emas berjangka AS untuk pengiriman Juni turun 0,5 persen menjadi US$ 1.213,80 per ounce.

Kenaikan suku bunga AS akan membuat emas tidak menarik bagi investor dan akan beralih ke instrumen yang lebih menguntungkan.

Harga perak menyentuh level terendah dalam hampir enam minggu dengan turun 0,8 persen menjadi US$ 16,18 per ounce.

Platinum turun 1,6 persen menjadi US$ 972,24 per ounce, setelah sempat menyentuh level terlemah dalam lebih dari lima minggu di US$ 970 per ounce. Sedangkan palladium turun 1,2 persen menjadi US$ 534,05 per ounce. (Ndw/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

Video Terkini