Sukses

7 Negara Paling Kaya dan Bahagia di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya The Legatum Institute mengeluarkan Global Prosperity Index, sebuah hasil riset yang meneliti tentang tingkat kemakmuran sebuah negara di dunia. Penilaian tersebut didasarkan dari 89 kategori berbeda. Faktor yang dinilai antara lain kesejahteraan ekonomi, keamanan serta tingkat pendidikan.

The Prosperity Index mengukur 142 negara di dunia. Riset ini juga bertujuan untuk mengetahui negara mana yang memiliki tingkat kebahagiaan paling tinggi. Hasil riset menunjukkan bahwa negara-negara Eropa banyak menempati peringkat atas.

Melansir thesun.co.uk, Selasa (31/5/2016) berikut tujuh negara paling kaya dan bahagia di dunia:

7. Australia

Negara berlambang kanguru ini menempati posisi ketujuh. Australia ternyata mampu menduduki peringkat yang sama selama tiga tahun berturut-turut. Satu hal yang menonjol dari negara ini adalah sistem pendidikannya yang sangat baik.

6. Kanada

Kanada turun satu peringkat dari tahun lalu. Negara ini menduduki peringkat keenam karena memiliki nilai tertinggi dalam faktor kebebasan masyarakatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Swedia

5. Swedia

Swedia memiliki nilai tertinggi di faktor kesempatan wirausaha. Kesempatan untuk berwirausaha di negara ini sangatlah mudah. Itulah mengapa Swedia mampu untuk menanjak satu peringkat dari tahun lalu

4. New Zealand

Selain mampu masuk ke dalam peringkat lima besar, New Zealand juga merupakan salah satu negara yang paling makmur di dunia. Negara ini memiliki nilai kohesi sosial paling baik di dunia.

3 dari 3 halaman

Denmark

3. Denmark

Peringkat ketiga ditempati oleh Denmark. Negara ini memiliki nilai tertinggi di faktor penilaian tingkat pendidikan dan pemerintahan.

2. Swiss

Swiss mampu menduduki peringkat kedua dalam dua tahun berturut-turut. Tingkat perekonomian negara ini sangat baik dan Swiss juga memiliki kondisi pemerintahan yang baik.

1. Norwegia

Selama 7 kali berturut-turtut Norwegia telah menjadi negara yang menduduki peringkat pertama. Menurut penilaian dari Legatum Institute, Norwegia merupakan negara dengan penilaian terbaik di semua aspek. (vna)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini