Sukses

RI Punya Satelit Bank Pertama di Dunia

Satelit milik BRI tersebut akan dapat beroperasi penuh 50 hari setelah peluncuran.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk segera meluncurkan satelit bank pertama di dunia yang diberi nama BRISat. Satelit ini akan diluncurkan pada 8 Juni 2016 di UTC Kourou, Frech Guiana, Amerika (9 Juni 2016 pukul 03.30 WIB) dengan menggunakan roket Ariane 5 milik Arianespace.

Direktur Utama BRI Asmawi Syam mengatakan, satelit tersebut merupakan satelit bank pertama di dunia. Dia bilang, hingga saat ini belum ada bank yang memiliki satelit.

"‎Hari ini 31 Mei 2016, tinggal 9 hari karena Kamis 9 Juni 2016 akan memulai tonggak sejarah baru dunia perbankan. Tidak hanya Indonesia dan dunia bahwa pertama kali ada bank yang mengoperasikan dan memiliki sendiri satelit‎," kata dia di Kantor Pusat BRI Jalan Sudirman Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Dia menerangkan, ‎satelit tersebut diproduksi Space System/Loral (SS/L) USA. Asmawi mengatakan setelah diluncurkan maka satelit akan mengorbit di 150.5 BT atau di atas langit Papua. "Dia akan mencari orbit 150.5 BT antara 15-20 hari," kata dia.

Setelah mengorbit, operasional satelit tersebut akan diserahkan ke BRI. Dia bilang, satelit tersebut akan bisa beroperasi penuh 50 hari setelah peluncuran atau sekitar pada Agustus 2016.

"Begitupun operasional satelit kita sudah punya groundstation di Ragunan kita memiliki groundstation sudah selesai. Kemudian terkait SDM telah disiapkan 53 orang. Jadi yang akan mengoperasikan 53 orang untuk mengelola 45 transponder, tentunya hal yang sangat membanggakan bukan hanya BRI tapi seluruh Indonesia," jelas dia.

Asmawi mengatakan, salah satu manfaat satelit ini ialah untuk meningkatkan jaringan di seluruh Indonesia. Apalagi, BRI tengah mendorong adanya digital banking. "‎Kita ingin berikan layanan sama cepatnya, baiknya, baik di kota dan desa‎," ujar dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini