Sukses

Gelar Operasi Pasar, Kemendag Jual Beras Rp 9.500 per Kg

pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar operasi pasar

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai langkah antisipasi kenaikan harga beras saat Ramadan dan Lebaran, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar operasi pasar. Dalam operasi pasar ini, harga beras medium dijual sekitar Rp 9.500 per kg.

Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengatakan, ‎untuk mendapatkan harga Rp 9.500 ini, pemerintah akan menyerap beras petani melalui Perum Bulog. Beras petani tersebut akan dibeli dengan harga Rp 7.300 per kg.

"Pemerintah menargetkan harga di tingkat petani Rp 7.300 per kg. Sementara di tingkat konsumen Rp 9.500 per kg. Instrumen pemerintah yaitu dengan menggelar operasi pasar," ujar dia di Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Thomas mengungkapkan, operasi pasar ini akan digelar Kemendag bekerjasama Perum Bulog. Rencananya operasi pasar ini digelar mulai 1 Juni 2016 hingga 6 Juli 2016.

Menurut dia, beras yang dijual dalam operasi pasar ini sebesar 390 ribu ton. Dari jumlah tersebut, sebanyak 170 ribu ton berasal dari cadangan beras pemerintah dengan harga operasi pasar Bulog dan 220 ribu ton menggunakan mekanisme komersial Bulog.

"Operasi pasar ini akan dilakukan di pasar hasil pantauan BPS (Badan Pusat Statistik) dan Kemendag. Titik-titiknya dari hasil pantauan yang menunjukan harga tinggi," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini