Sukses

Ini 10 Provinsi yang Bakal Serap Paling Banyak BBM Saat Mudik

Konsumsi bahan bakar minyak di Jawa Tengah bakal naik 62 persen selama arus mudik dan balik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) memperkirakan pada H-15 dan H+15 Lebaran terjadi kenaikan konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Konsumsi terbanyak akan terjadi di Provinsi Jawa Tengah, Sumatera Barat dan Lampung.

‎General Manager Marketing Operation Region (MOR) III Pertamina Jumali mengatakan, untuk Jawa Tengah, diperkirakan mengalami kenaikan sebesar 62 persen selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

‎"Kenaikan konsumsi BBM tertinggi diperkirakan terjadi di Jawa Tengah, naik 62 persen dari konsumsi normal. Normalnya 7.800 kilo liter (KL) per hari menjadi 12.600 KL," ujar dia di Jakarta, seperti ditulis Sabtu (4/6/2016).

Jumali menjelaskan, jika melihat dari pengalaman mudik tahun-tahun sebelumnya, Jawa Tengah menjadi tempat pengisian BBM bagi pemudik dari wilayah barat ke timur maupun sebaliknya.‎ Dengan demikian akan terjadi kenaikan konsumsi BBM di provinsi tersebut.


"Di Jawa bagian barat (seperti di DKI Jakarta) menjadi daerah paling sibuk yang memberangkatkan pemudik. Nah yang paling menerima para pemudik ini Jawa Tengah. Peningkatan memang tidak terlalu banyak secara over all, tapi ramainya paling besar saat keberangkatan. Pemudik berada di Jawa Tengah antara 1 minggu-10 hari," kata dia.

Selain Jawa Tengah, Sumatera Barat dan Lampung juga diproyeksikan menjadi negara dengan konsumsi BBM paling banyak. Salah satunya penyebabnya lantaran banyak penduduk asal kedua provinsi tersebut yang merantau ke daerah lain. Dan Idul Fitri menjadi ‎momen yang tepat untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan sanak saudara.

"Sumatera Barat dan Lampung juga tinggi. Di Sumatera Barat kalau konsumsi normalnya ‎1.850 KL, bisa naik menjadi 2.750‎ KL per hari. Sumatera Barat ada tradisi yang namanya mudik basamo. Jadi para perantau dari Padang kembali kampung halamannya. Itu jalannya pada macet, apalagi seperti di Bukit Tinggi, sehingga konsumsi BBM-nya tinggi," ungkap dia

Berikut 10 provinsi yang diprediksi akan mengkonsumsi BBM paling banyak selama musim mudik Lebaran tahun ini:

1. Jawa Tengah, naik 62 persen
2. Sumatera Barat, naik 49 persen
3. Lampung, ‎naik 43 persen
4. Aceh, naik 36 persen
5. Bengkulu, naik 32 persen
6. Jawa Timur, naik 30 persen
7. Sumatera Utara, naik 29 persen
8. DI Yogyakarta, naik 29 persen
9. Nusa Tenggara Barat, naik 29 persen
10. Jawa Barat, naik 28 persen

 

(Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini