Sukses

Santa Sea Waterpark Sukabumi Bisa Jadi Contoh Pengembangan Wisata

Kementerian Pariwisata terus mendorong pengembangan obyek-obyek wisata di berbagai daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata terus mendorong pengembangan obyek-obyek wisata di berbagai daerah. Langkah ini ini dilakukan untuk mendorong kunjungan turis sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi. Salah satu pengembangan wisata yang bisa dicontoh adalah Santa Sea Theme Park, Sukabumi, Jawa Barat.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman menjelaskan, Indonesia memiliki banyak potensi wisata. Namun memang untuk mengembangkan potensi tersebut terdapat beberapa kendala. Salah satu kendala adalah masalah pendanaan.

Selama ini dana dari pemerintah baik dalam APBN maupun APBN sangat terbatas untuk mengembangkan wisata, oleh sebab itu perlu adanya peran serta swasta dalam pengembangan tempat wisata.

Dadang menyebutkan, obyek wisata air Santa Sea Theme Park yang terletak di Kabupaten Sukabumi bisa menjadi contoh untuk pengembangan potensi wisata daerah. Dalam pengembangan wisata air ini, pemerintah daerah menjalin kerja sama dengan pihak swasta.

"Jadi ini milik pemerintah kota namun dalam pembangunannya dibantu oleh swasta. Menggunakan sistem BOT (Built Operate and Transfer), jelasnya kepada Liputan6.com, Minggu (5/6/2016).

Dengan sistem kerja sama ini maka sebuah daerah yang memiliki potensi wisata atau ingin mengembangkan wisata bisa merealisasikannya. Jika wisata di daerah tersebut maju maka bisa mendorong pertumbuhan ekonomi daerah tersebut.

Selama ini pengembangan wisata di darah selalu tersegmentasi. Dalam artian, jika bukan murni dikembangkan oleh pemerintah daerah, maka tempat wisata tersebut dikembangkan oleh swasta.Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman. (Foto: Santa Sea Theme Park)
Dadang melanjutkan, Santa Sea Theme Park berpotensi menjadi tempat wisata yang besar karena bisa menjadi pilihan berlibur bagi masyarakat. Selama ini orang selalu ke Jakarta. Dengan adanya water park ini maka akan menjadi pilihan baru bagi warga Jawa Barat.

Selain itu lokasinya juga cukup stategis karena berada dekat dengan terminal sehingga akses transportasi terjamin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.