Sukses

‎Penukaran Uang Receh di Monas Mulai 10 Juni

BI memperkirakan uang yang beredar di masyarakat untuk periode Ramadan dan Lebaran 2016 mencapai Rp 160,4 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Pelayanan penukaran uang di Monumen Nasional (Monas) Jakarta bakal dimulai 10 Juni 2016 mendatang. Pelayanan tersebut diberikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pecahan mata uang tertentu saat puasa dan Lebaran.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Suhaedi ‎mengatakan, pelayanan penukaran uang ini dilayani oleh BI dan 20 perbankan nasional. Saat ini, baru BI yang telah memberikan jasa penukaran di Monas.

"‎Di Monas mulai hari ini baru BI yang melayani penukaran. Nanti tanggal 10 Juni dengan perbankan lengkap. Saat ini baru BI yang buka stan di IRTI Monas," Gedung Bank Indonesia,Jakarta, Senin (6/6/2016).

Meski begitu, pihaknya belum merinci ketentuan dalam penukaran uang itu. Menurutnya, sistem penukaran pada tahun ini tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. "Mengenai pecahan kita ikuti pola tahun sebelumnya. Kita prinsipnya apa yang diperlukan masyarakat akan dipenuhi," tambah dia.

‎Selain itu, BI juga akan menggalakkan Gerakan Peduli Koin Nasional. Dengan program tersebut BI memberikan pelayanan berupa penukaran uang koin dengan uang kertas. "Uang logam, perhatian kita, banyak terima logam, lebih banyak menyimpannya nggak dipakai lagi," kata dia.

Sebagai informasi, BI memperkirakan uang yang beredar (outflow) di masyarakat untuk periode Ramadan dan Lebaran 2016 mencapai Rp 160,4 triliun dan uang disimpan (inflow) Rp 29,9 triliun. Jumlah tersebut meningkat sekitar 14,5 persen dari periode Ramadan dan Lebaran sebelumnya ‎Rp 140,0 triliun untuk outflow dan naik 14,1 persen dari sebelumnya Rp 26,2 triliun untuk inflow.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.