Sukses

Hadapi Lebaran, Pegadaian Beri Diskon Gadai

Pegadaian memberikan diskon sewa modal untuk gadai konvensional, muqosah ujroh untuk gadai syariah dan cash back biaya administrasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pegadaian akan memberikan sejumlah diskon kepada nasabah dalam beberapa bulan ke depan. Pegadaian memberikan diskon sewa modal untuk gadai konvensional (KCA), muqosah ujroh untuk gadai syariah (Rahn), dan cash back biaya administrasi pada 1 Juni-31 Agustus 2016.

Humas PT Pegadaian (Persero) Basuki Tri Andayani mengungkapkan diskon sewa modal/muqosah ujroh tersebut diberikan untuk pinjaman baru sebesar minimal Rp 10,10 juta dengan jaminan emas/berlian.

"Nasabah diberi diskon dengan kesepakatan bersedia mengambil uang pinjaman selama jangka waktu minimal 46 hari. Nasabah akan menerima diskon sewa modal/muqosah ujroh pada saat melakukan penebusan atau perpanjangan kreditnya," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Kamis (9/6/2016).

Sedangkan cash back biaya administrasi diberikan untuk nasabah KCA maupun Rahn yang melakukan penambahan uang pinjaman/marhun bih minimal sebesar Rp 500 ribu. Besarnya cash back sesuai dengan tarif biaya administrasi setelah penambahan uang pinjaman/marhun bih.

Basuki menambahkan, Pegadaian telah meluncurkan 3 program yang meringankan bagi masyarakat sejak pertengahan Mei 2016. Pegadaian mengawali dengan Program "Salam Berkah Ramadan" berupa pembebasan biaya administrasi (cashback) produk Arrum Haji, Arrum Emas, dan Amanah yang berlangsung sejak 16 Mei 2016-31 Juli 2016.

Program ini berlaku di 83 Kantor Cabang Pegadaian Syariah dan 528 kantor Unit Pelayanan Syariah serta outlet Pegadaian konvensional yang ditunjuk sebagai agen (office channeling).

Program yang kedua adalah penurunan tarif sewa modal mulai 1 Juni 2016 sebesar 0,40 persen dari 1,15 persen menjadi 0,75 persen per 15 hari.

Penurunan ini berlaku untuk produk gadai (Kredit Cepat Aman/KCA) dengan jaminan barang non emas antara lain: kendaraan bermotor, alatm rumah tangga, alat pertanian, alat tukang, alat nelayan, sepeda, dan barang non elektronik lainnya. Penurunan sewa modal Rp 5,1 juta hingga Rp 20 juta.

Program yang ketiga adalah "Berkah Ramadhan Merdeka" berupa diskon sewa modal untuk gadai konvensional (KCA), muqosah ujroh untuk gadai syariah (Rahn) dan cash back biaya administrasi.

"Dengan aneka program yang diluncurkan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat selama bulan puasa, lebaran, dan masuknya tahun ajaran baru. Karena pada masa ini kebutuhan masyarakat semakin meningkat dan diikuti pula dengan kenaikan harga bahan pokok. Pegadaian terus berkomitmen untuk menjadi solusi keuangan yang membantu masyarakat," kata Basuki. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.