Sukses

Lewat Roadmap Pertanian, KEIN Ingin RI Capai Kemandirian Pangan

Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) tengah menyusun peta jalan (roadmap) industrialisasi sektor pertanian tahun 2045

Liputan6.com, Jakarta - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) tengah menyusun peta jalan (roadmap) industrialisasi sektor pertanian tahun 2045. Adanya roadmap ini diharapkan menjadi pedoman menuju Indonesia yang mandiri dalam bidang pertanian.

Ketua KEIN Soetrisno Bachir mengatakan, dalam penyusunan roadmap, KEIN banyak mengambil pelajaran dari apa yang telah dilakukan negara-negara yang maju di bidang industri dan pertanian, salah satunya Jepang.

"Kita sedang menyusun roadmap sampai 2045, supaya kita punya kemandirian pangan. Kita membayangkan seperti negara yang pertaniannya kuat bahkan bisa mengekspor dan petaninya makmur. Kalau kita, petani itu kelompok marginal‎. Bagaimana kemandirian agro itu bisa terwujud," ujar dia usai menghadiri Buka Puasa Bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (9/6/2016) malam.

Soetrisno menyatakan, dalam membangun sektor pertanian, peranan industri sangat penting. Selain untuk mendorong peningkatan produksi, melalui industri, nilai tambah dari produk-produk pertanian bisa dinikmati di dalam negeri. Sehingga pada ujungnya akan membawa kesejahteraan bagi petani dan pelaku industri di dalam negeri.

"Industrialisasi itu yang membuat ada lompatan kesejahteraan. Kalau jual bahan baku untungnya hanya Rp 10 ribu, tapi kalau bahan jadi untungnya bisa Rp 200 ribu. Negara kalau mau growth-nya tinggi harus melalui industri," katanya.

"Kecuali kalau negara kecil seperti Singapura, cukup dari jasa. Karena penduduknya hanya 3 juta orang dan tidak ada sumber daya alam. Kita punya penduduk besar dan sumber daya alam yang banyak‎," imbuh dia.

Karena itu, melalui roadmap yang tengah disusun oleh KEIN ini diharapkan akan muncul budaya produksi di Indonesia. Hal ini sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di mana pertumbuhan ekonomi nasional ditopang oleh produksi, bukan lagi ‎konsumsi.

"Melalui roadmap membuat budaya produksi dan budaya industri muncul sejak dini. Pak Jokowi ingin ekonomi kita ditopang oleh produksi, bukan konsumsi. Nanti kita serahkan nanti ke Pak Jokowi road map-nya dan mudah-mudahan bisa jalankan oleh kabinet," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.