Sukses

Mau Belanja tapi Tetap Hemat? Ini 5 Rahasianya

Banyak dari masyarakat menganggap bahwa belanja akan membutuhkan anggaran yang besar. Hal ini akhirnya membuat sulit untuk berhemat.

Liputan6.com, Jakarta - Hasrat untuk belanja seringkali sulit untuk dikendalikan. Apalagi ketika Anda menemukan barang yang selama ini Anda idam-idamkan. Namun banyak dari masyarakat menganggap bahwa belanja akan membutuhkan anggaran yang besar. Seringkali belanja juga dapat menguras kondisi finansial yang dimiliki.

Walau begitu, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar dapat tetap mengatur keuangan selama belanja. Dengan begini, Anda pun masih bisa menghemat uang yang Anda miliki.

 

Apa saja? Mengutip moneyadviceservice.org.uk, Sabtu (11/6/2016) berikut lima langkahnya:

1. Buat daftar belanja dan maksimalkan anggaran yang ada

Agar dapat hemat ketika berbelanja, maka Anda harus terlebih dahulu membuat daftar barang apa yang ingin dibeli sebelum berbelanja.

Setelah itu jangan lupa juga untuk mematok anggaran keuangan yang dapat Anda habiskan untuk belanja. Hal ini dilakukan agar kegiatan belanja Anda dapat lebih terkontrol.

2. Bandingkan harga satu dengan lain

Jangan terburu-buru membeli barang yang ada di depan mata. Apabila Anda ingin tetap hemat, maka cobalah untuk mengecek harga produk yang sama dari merek yang berbeda. Biasanya merek tertentu mematok perbedaan harga yang bisa menguntungkan Anda.

3. Jangan terlalu nafsu ketika berbelanja

Terlalu nafsu ketika berbelanja dapat membuat Anda kehilangan kendali. Alhasil, Anda pun dapat membeli barang yang sebenarnya tidak Anda perlukan. Oleh karena itu, Anda harus dapat menekan hasrat ketika sedang berbelanja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cermati program promosi

4. Cermati program promosi

Beberapa toko dan merek tertentu biasanya memiliki program promosinya masing-masing. Jangan lupa untuk mencermati hal ini. Cermat akan program promosi yang sedang ditawarkan dapat membuat Anda lebih hemat nantinya ketika belanja.

5. Cek ulasan produk

Setiap produk memiliki kualitasnya masing-masing. Sebagai konsumen, Anda pun pasti ingin produk yang Anda beli memiliki kualitas yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari ulasan produk tersebut.

Dengan membaca ulasan produk maka Anda juga dapat melihat kira-kira produk mana yang sesuai dengan anggaran belanja yang sudah Anda atur sebelumnya. (Vna/Ndw)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.