Sukses

Program Sejuta Rumah: 120 Ribu Unit Sudah Terbangun

Pembangunan ratusan ribu rumah tersebut ditujukan untuk menutupi backlog yang saat ini mencapai 13,5 juta unit.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memastikan Program Satu Juta Rumah terus berjalan. Hingga semester pertama 2016, sebanyak 120 ribu unit rumah telah terbangun.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan ratusan ribu rumah tersebut ditujukan untuk menutupi backlog yang saat ini mencapai 13,5 juta unit.

“Program Satu Juta Rumah sampai bulan Juni 2016 ini telah mencapai angka 120 ribu unit rumah yang telah terbangun,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jumat (10/6/2016).


Menurut Basuki, pemerintah masih memiliki pekerjaan rumah yang cukup besar di sektor perumahan. Hal ini yang harus segera diselesaikan agar masyarakat bisa mempunyai rumah yang layak huni.

Sementara bagi masyarakat yang tidak mampu membeli rumah setidaknya bisa menyewa rumah susun yang dibangun pemerintah.

Pemerintah, imbuh Basuki, terus mendorong pembangunan rusun untuk disewa masyarakat yang dibiayai APBN. Adanya kerjasama Perumnas sebagai BUMN pemerintah yang memang fokus pada pembangunan perumahan untuk masyarakat dengan pemerintah daerah harus lebih ditingkatkan lagi.

“Kementerian PUPR bisa membangun rusun yang dibiayai oleh APBN tapi hanya bisa disewa oleh masyarakat. Jika Pemda bisa menyediakan lahan untuk lokasi pembangunan rumah tentunya akan menurunkan harga rumah sehingga secara tidak langsung akan membantu Program Satu Juta Rumah yang dicanangkan oleh Presiden,” dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini