Sukses

Jadi Pekerja Paruh Waktu Produktif dengan 4 Cara Ini

Pekerja paruh waktu juga ternyata memiliki beberapa tantangan yang harus mereka hadapi agar bisa bekerja dengan lebih produktif.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan zaman yang semakin dinamis membuat banyak orang kini yang memilih untuk bekerja sebagai pekerja paruh waktu (freelance). Selain dapat mengatur waktu dengan lebih leluasa, pekerja paruh waktu juga dapat mengerjakan pekerjaannya dari mana saja.

Dibalik berbagai keuntungan yang dapat mereka dapatkan, pekerja paruh waktu juga ternyata memiliki beberapa tantangan yang harus mereka hadapi. Akan tetapi, hal tersebut bisa diatasi agar bisa menjadi seorang pekerja paruh waktu yang produktif.

Melansir Fortune, Sabtu (11/6/2016) berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

1. Tahu dengan jelas tujuan karier

Bekerja paruh waktu berarti Anda tidak lagi diikat dengan kepentingan perusahaan. Walaupun begitu, seorang pekerja paruh waktu juga harus dapat mengerti betul tujuan karir yang diinginkan. Hal ini dapat membantu mereka untuk mewujudkan kerja yang produktif.

2. Bangun koneksi yang luas

Salah satu hal yang dapat mendukung kemajuan karir dari seorang pekerja paruh waktu adalah koneksi yang luas. Koneksi tersebut dapat membuat mereka mendapat kesempatan pekerjaan dengan lebih banyak. Pekerja paruh waktu dapat bekerja dengan produktif apabila memanfaatkan kesempatan yang ia dapat dari koneksinya tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Mampu kelola keuangan

Satu hal yang terkadang sulit untuk dilakukan bagi para pekerja freelance adalah mengatur keuangan. Oleh karenanya, mereka harus bisa mengatur keuangan yang dimiliki agar bisa membiayai hidupnya dengan baik. Hal ini dapat dimulai dengan memiliki anggaran yang jelas setiap bulan sehingga dapat menggaji diri mereka sendiri.

4. Jangan mencoba untuk mengerjakan semuanya

Banyaknya pekerjaan yang datang membuat banyak pekerja paruh waktu selalu ingin mengerjakan semua hal dalam waktu yang bersamaan. Alhasil hal ini pun berimbas pada kesehatan yang menurun. Mengerti kemampuan diri sendiri merupakan kunci yang harus dilakukan agar bisa bekerja dengan produktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini