Sukses

Kadin Dorong Pertamina Tambah Pasokan Elpiji di Indonesia Timur

Konsumsi elpiji meningkat baik dari industri kecil dan menengah serta rumah tangga di kawasan Timur Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) meminta PT Pertamina menambah pasokan Liquefied Petroleum Gas atau LPG/elpiji di Kawasan Timur Indonesia.

Lantaran tanda-tanda kelangkaan  LPG untuk industri rumah tangga dan konsumsi masyarakat mulai kelihatan di bulan puasa.

"Kelangkaan LPG mulai terasa. Ada laporan dari beberapa daerah, misalnya di Sulawesi, LPG mulai langka," ujar  Wakil Ketua Umum Kadin Kawasan Timur Indonesia H.Andi Rukman,Senin (13/6/2016).

Andi mengatakan, kelangkaan LPG ini disebabkan meningkatnya permintaan industri kecil dan menengah, maupun konsumsi rumah tangga di bulan puasa.Kenaikan permintaan mencapai 40 persen dibandingkan hari biasa. Sementara, pasokan dari Pertamina tidak cukup naik signifikan.


"Tidak sinkron antara permintaan dan pasokan. Soal harga, juga bisa melambung. Tapi yang penting pasokan untuk industri kecil dan menengah ini tetap tersedia," ujar dia.

Tak hanya itu, minimnya pasokan ini disebabkan jaringan distribusi LPG di Kawasan Timur masih sangat minim. Kondisi alam yang berat, rusaknya infrastruktur, ikut menghambat pasokan LPG ke masyarakat.

Sebab itu, Kadin berharap, pemerintah melibatkan pihak swasta dalam mempercepat pembangunan infrastruktur LPG di KTI. "Agar, kelangkaan ini bisa segera diatasi dengan cepat, misalnya dalam pembangunan depot, mini storage LPG, SPBE dan sebagainya," ujar Andi.

Andi mengatakan, kenaikan bahan pokok di saat Ramadan di KTI sebenarnya jauh lebih tinggi dibandingkan di Pulau Jawa. Hanya saja, daya adaptasi pelaku usaha dan masyarakat di KTI jauh lebih tinggi.

"Tipikal warga di KTI ini tidak mau gampang minta bantuan, gengsinya tinggi. Kalau masih bisa diatasi sendiri. Contoh harga bensin di Papua bisa puluhan ribu per liter, mereka tenang-tenang saja. Tapi coba kalau sudah di sini. Di sini baru naik Rp 300 udah mau rusuh," ujar Andi.

Sebagaimana diketahui, oleh pemerintah, target serapan elpiji tahun ini mencapai 6,6 juta metrikton, meningkat dari alokasi elpiji 3 kg dalam APBN 2015 (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) sebanyak 5,76 juta ton. Peningkatan serapan elpiji disebabkan jumlah penduduk yang terus bertambah. Pertumbuhan penduduk mencapai 1,49 persen.

Sementara, anggaran alokasi subsidi untuk elpiji 3 kg pada 2013 mencapai Rp 40,3 triliun. Adapun, pada 2014 tercatat sebanyak Rp 47,7 triliun.

Kadin berharap agar penyaluran elpiji, utamanya tabung 3 kilogram (kg), terus diperluas ke wilayah timur Indonesia. Perluasan ini untuk mendorong program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke gas. "Misalnya, ke pedalaman Sulawesi, Maluku, Papua, hingga Nusa Tenggara. Bahkan di pesisir pun sangat langka," ujar Andi‎.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Elpiji

Video Terkini