Sukses

KEIN Targetkan Roadmap Industrialisasi Rampung Agustus

Untuk membuat peta jalan, KEIN juga berencana melakukan dialog nasional dan melakukan roadshow ke sejumlah perguruan tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) tengah membuat peta jalan (roadmap) industrialisasi nasional. Beberapa sektor yang masuk dalam peta jalan tersebut antara lain pangan, pertanian, agroindustri, kehutanan, maritim dan perikanan. KEIN menargetkan peta jalan tersebut selesai agustus 2016. 

Anggota KEIN, Benny Pasaribu menjelaskan, untuk membuat peta jalan, KEIN akan berkomunikasi dengan semua stakeholder di setiap sektor yang masuk dalam peta jalan tersebut. KEIN juga mendalami dari beberapa negara lain yang memang sukses menjalankan industrialisasi seperti Jepang dan Jerman. 

Targetnya, peta jalan tersebut akan rampung dan langsung diserahkan kepada presiden pada Agustus 2016. Dengan adanya roadmap tersebut, diharapkan bisa menjadi referensi di setiap kementerian dalam mengambil kebijakan terkait pengembangan bidang industri.

Benny melanjutkan, untuk beberapa sektor, KEIN telah mendengar masukan dari beberapa pemangku kepentingan. Masukan tersebut akan kolaborasi dengan hasil kunjungan ke beberapa negara lain. 

Untuk membuat peta jalan tersebut, KEIN juga berencana melakukan dialog nasional dan melakukan roadshow ke sejumlah perguruan tinggi untuk mendengar masukan dari kalangan akademisi, pakar dan guru besar.

"Targetnya Juli sudah terbentuk draft, lalu kami juga akan mendengar masukan akademisi, pakar dan guru besar dari kalangan universitas mengenai pemikiran industri 2045. Melengkapi draft, kami juga akan melakukan kunjungan ke Jerman," kata Benny kepada Liputan6.com seperti ditulis Rabu (15/6/2016).

KEIN berharap peta jalan tersebut bisa menjadi pegangan oleh masing-masing kementerian dalam membuat peraturan atau kebijakan. "Roadmap ini merupakan suatu referensi atau acuan terkait industri yang akan dibantu dengan difasilitasi oleh pemerintah. Kita harapkan kementerian tidak lari lagi dari roadmap ini," ujar Benny. (Ekarina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini