Sukses

Rizal Ramli Ajak Generasi Muda RI Agar Cinta Laut

Menko Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menuturkan, Indonesia harus membangun budaya maritim dengan ajak generasi muda naik kapal.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah mengatur strategi untuk mengembalikan kejayaan laut Indonesia sehingga bisa menyumbangkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang signifikan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengungkapkan, salah satu yang diinginkan pemerintah tidak aneh-aneh, yaitu mendorong seluruh masyarakat Indonesia merasakan naik kapal laut.

"Kita harus membangun budaya maritim, karena anak muda kita sekarang banyak yang belum pernah naik kapal di laut, jadi harus naik, agar supaya mulai mereka mencintai laut," kata Rizal Ramli di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Rizal menuturkan, dengan garis pantai Indonesia yang sangat panjang, potensi laut yang dimiliki mampu mempengaruhi industri maritim di dunia. Hal ini yang harus dikelola dan dijaga dengan sebaik-baiknya.

Peningkatan kontribusi hasil laut dalam pertumbuhan ekonomi, Rizal Ramli menuturkan cara yang dilakukan yaitu dengan meningkatkan kesejahteraan para nelayan dan membangkitkan industri perikanan.

‎"Langkah-langkah yang dilakukan Ibu Susi spektakuler dan ada kontroversi tapi manfaatnya sangat besar karena kerugian dari ilegal fishing berhasil dikurangi," ujar Rizal.

Untuk mempercepat peningkatan pemanfaatan sumber daya laut ini, sesuai perintah Presiden Joko Widodo, dirinya akan mengkonsolidasikan kebijakan pembangunan laut dengan road map atau peta jalan pembangunan nasional. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini