Sukses

Bikin Kondisi Keuangan Sehat dengan 5 Trik Jitu Ini

kebiasaan menabung dan membayar tagihan tidak serta merta membuat kondisi keuangan Anda sehat

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin sudah menyisihkan sebagian pendapatan untuk menabung. Anda juga sudah membayarkan sisa hutang yang selama ini dimiliki. Namun ternyata hal tersebut tidak serta merta membuat kondisi keuangan Anda sehat.

Ada beberapa hal yang sering membuat kita lupa. Tanpa disangka, pengeluaran yang Anda lakukan pun membengkak. Hal tersebut akhirnya memiliki pengaruh besar pada kondisi keuangan Anda.

 

Lalu apa yang dapat Anda lakukan agar bisa memiliki kondisi keuangan yang sehat? Mengutip themuse.com, Jumat (17/6/2016) berikut 5 cara yang dapat Anda lakukan:

1. Memisahkan dana simpanan dan dana darurat

Kondisi keuangan yang sehat dapat tercipta apabila Anda mampu memisahkan dana simpanan dengan dana darurat. Kedua dana ini memang merupakan solusi di keadaan tertentu, namun ternyata penggunaannya sangatlah berbeda.

Untuk itulah mengapa memisahkan kedua jenis dana ini akan dapat membantu kondisi keuangan Anda menjadi lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menunda pembelian

2. Menunda pembelian

Sebelum membeli sesuatu, cobalah untuk berhenti sejenak untuk berpikir. Apakah barang ini benar-benar saya butuhkan? Apakah saya tidak akan menyesal telah membeli barang ini?

Hal ini dilakukan agar Anda bisa menahan keinginan belanja yang seringkali muncul tiba-tiba.

3. Tidak ikut langganan email dari website jual beli

Apabila Anda sering belanja online, maka Anda juga sering mendapat email dari website jual beli online tersebut. Email ini kadang bisa memacu keinginan Anda untuk belanja. Oleh karenanya, Anda bisa untuk berhenti berlangganan email dari website jual beli tersebut.

3 dari 3 halaman

Tidak gunakan kartu kredit

4. Tidak menggunakan kartu kredit saat belanja

Menggunakan kartu kredit saat belanja terkadang bisa sangat merugikan. Walaupun terkadang ada diskon menarik yang bisa didapat, menggunakan kartu kredit ini justru dapat menambah tagihan yang Anda harus bayarkan. Anda lebih baik memilih jenis metode pembayaran lain.

5. Membiasakan diri gunakan uang tunai

Hal lainnya yang dapat Anda lakukan untuk memiliki kondisi keuangan yang sehat adalah membiasakan diri untuk menggunakan uang tunai.

Selain merupakan salah satu cara pembayaran yang baik, membiasakan diri untuk menggunakan uang tunai juga dapat membuat Anda lebih hemat dalam menggunakan pendapatan yang ada. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.