Sukses

6 Cara Hilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

ada beberapa orang yang justru memilih untuk mengerjakan hal lain yang tidak berhubungan dengan apa yang ia kerjakan.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang ingin menjadi sukses. Tapi tidak semua orang mampu mewujudkannya. Konon, salah satu alasan mengapa banyak orang sulit untuk menggapai sukses adalah karena mereka senang menunda-nunda pekerjaan.

Dibanding menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, ada beberapa orang yang justru memilih untuk mengerjakan hal lain yang tidak berhubungan dengan apa yang ia kerjakan. Akhirnya, pekerjaan tersebut pun terbengkalai dan membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan.

 

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah hal ini? Melansir laman fastcompany.com, Jumat (17/6/2016) berikut ulasanya

1. Berjanji untuk tidak menunda pekerjaan

Bekerja dengan produktif diawali dengan niat yang besar. Jika Anda sudah memiliki niat untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, maka pekerjaan Anda pun dapat selesai dengan tepat waktu.

Oleh karena itu, Anda dapat berjanji pada diri sendiri untuk tidak menunda pekerjaan. Hal itu akan membantu Anda untuk memperlihatkan hasil kerja yang positif

2. Menyisihkan waktu istirahat lebih banyak

Seringkali banyak orang memilih untuk menunda pekerjaan karena ingin beristirahat. Satu solusi yang dapat Anda lakukan adalah menyisihkan waktu istirahat lebih banyak.

Penelitian mengungkap bahwa istirahat selama 17 menit sehabis bekerja selama 52 menit dapat meningkatkan produktivitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fokus pada kesuksesan

3. Fokus pada kesuksesan yang ingin diraih

Terlalu fokus pada pekerjaan yang dikerjakan seringkali membuat orang gampang bosan. Daripada melakukan hal ini, Anda dapat mencoba untuk fokus pada tujuan utama karir Anda.

Anda dapat membayangkan kesuksesan yang selama ini ingin diraih. Hal tersebut dapat membuat bersemangat saat kerja.

4. Pakai aturan dua menit

Aturan dua menit merupakan salah satu metode yang dapat dilakukan agar Anda tidak menunda-nunda pekerjaan. Aturan ini mengatakan bahwa apabila Anda bisa melakukan sesuatu kurang dari dua menit, maka lakukanlah sekarang.

Persepsi seperti ini dapat membuat Anda lebih mau untuk menyisihkan waktu demi menuntaskan pekerjaan yang ada.

3 dari 3 halaman

Menetapkan hukuman

5. Menetapkan hukuman

Cara lain yang dapat dilakukan agar tidak menunda pekerjaan adalah dengan menghukum diri sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa perilaku seperti ini dapat dengan efektif untuk mempengaruhi perilaku agar tidak kembali mengulang kebiasaan yang sama.

6. Berani salah

Banyak orang yang menunda waktu untuk melakukan pekerjaan. Hal ini dilakukan karena mereka takut salah akan pekerjaan yang mereka lakukan. Alih-alih berhati-hati, hal ini malah membuat banyak orang untuk tidak mampu berkembang dalam bekerja.

Daripada menunggu waktu yang tepat, lebih baik Anda mencoba untuk menegerjakan pekerjaan di waktu yang tersedia. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini