Sukses

Kementerian Pertanian Telah Jual 6.110 Ton Daging Sapi

Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng pihak swasta serta importir untuk menyalurkan 8.110 ton daging sapi beku kepada masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Guna menekan harga daging sapi selama Ramadan, Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng pihak swasta serta importir untuk menyalurkan 8.110 ton daging sapi beku kepada masyarakat.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan hingga saat ini total daging yang telah disalurkan mencapai 6.110 ton. Daging tersebut dijual dalam pasar murah seperti di Toko Tani Indonesia (TTI) dan operasi pasar, baik yang digelar pemerintah maupun swasta.

Selain 6.110 ton tersebut, akan ada lagi tambahan daging sebesar 2.000 ton yang dialokasikan untuk Artha Graha. Sehingga total akan mencapai 8.110 ton atau setara dengan 47.705 ekor sapi.

"Stok lebih dari cukup. 8.110 ton ini karena ada tambahan 2.000 ton dari Artha Graha. Kemarin kan 6.110 ton," ujar dia di Jakarta, Jumat (17/6/2016).

‎Menurut Amran, daging sapi tersebut seharusnya menjadi stok para importir untuk satu bulan mendatang. Namun karena kebutuhannya mendesak dalam rangka menekan harga, maka daging-daging tersebut dikeluarkan sekarang.

"Pasti kami tambah, yang harusnya dikeluarkan satu bulan dikeluarkan sekarang. Kami ganti rekomendasinya (impor)‎, dari Brasil, Meksiko, New Zaeland‎. Kami mengajak mereka mengeluarkan ke pasar dalam waktu dua minggu sebelum Lebaran sudah keluar semua‎," kata dia.

Amran menyatakan dengan pasokan daging sapi tersebut diharapkan dapat menekan harga di pasar tradisional. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar daging sapi bisa turun hingga Rp 80 ribu per kg.

"Ini sesuai dengan arahan Bapak Presiden di mana supaya bisa menekan harga di bawah Rp 80 ribu per kg. Untuk memenuhi harapan beliau, kami diinstruksikan untuk merubah struktur pasar," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.