Sukses

Sempat Tertunda Meluncur, Kini BRI Punya Satelit

Satelit milik BRI akhirnya meluncur pada Sabtu 18 Juni 2016, waktu Kourou.

Liputan6.com, Jakarta - Satelit milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) akhirnya meluncur pada Sabtu 18 Juni 2016 waktu Kourou, French Guiana, Amerika Selatan. Peluncuran satelit BRIsat ini sempat tertunda. Akan tetapi penundaan peluncuran satelit mengingat manajemen risiko begitu ketat.

Wakil Direktur Utama BRI Sunarso menyampaikan hal itu saat dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Minggu (19/6/2016).

"Penundaan tiga kali di dunia persatelitan itu biasa. Risk management sangat ketat. Zero tolerance artinya risiko kecil itu masing-masing diperhitungkan dengan matang sehingga penundaan lagi. Namun alhamdullilah BRI termasuk yang cepat karena ada yang mengalami penundaan 20-22 hari untuk peluncuran satelit di dunia," jelas Sunarso.


Lebih lanjut ia menuturkan, penundaan peluncuran satelit BRI ini terjadi pada 8 Juni, 16 Juni, dan akhirnya satelit BRIsat sukses meluncur dengan roket Ariane 5 dari Guiana Space Center, Kourou pada 18 Juni 2016 pada pukul 04.38 WIB atau pukul 18.38 waktu Kourou.

"Bagus banget saat meluncur. Saat shalat di Jakarta. Kini serahkan kepada yang Maha Kuasa untuk proses selanjutnya. Satelit ini menuju orbit sekitar 10-12 hari," ujar Sunarso.

Sunarso menambahkan, satelit tersebut untuk sampai ke orbit 150,5 bujur timur. Ketika satelit itu sudah berada di orbit maka handover pengendalian satelit dari Palo Alto, Amerika Serikat ke stasiun pengendali di Ragunan, Jakarta Selatan dan Tababan Bali. "Handover sekitar 20 hari dari orbit kemudian lakukan penyerahan receiver," kata dia.

Manajemen PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sejak berinvestasi satelit juga sudah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk pengedalian satelit tersebut. Ada sebanyak 800 tenaga ahli informasi teknologi yang disiapkan. Sunarso menuturkan dari jumlah itu sekitar 53 fokus untuk mengurus satelit.

"Mereka sudah dididik di perusahaan SSL (space system loral) di Palo Alto. Kemudian secara bertahap handover pengendalian di Ragunan dan Tababan," tutur Sunarso.

Adapun masa operasi satelit BRI tersebut sekitar 17 tahun. Dengan investasi sekitar Rp 3,3 triliun,satelit ini diharapkan mampu membawa BRI memberikan layanan terbaru dan terbaik kepada nasabahnya dan meningkatkan efisiensi bisnis. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini