Sukses

Jajaran Bos Pertamina Raih Penghargaan di Hong Kong

Dirut Pertamina Dwi Soetjipto menuturkan, lewat penghargaan yang diraih Pertamina memiliki program dan perkembangan GCG unggulan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) mendapat empat penghargaan dari ajang 6th Asian Excellence Award 2016 yang diselenggarakan oleh Majalah Corporate Governance Asia yang berbasis di Hong Kong. Penghargaan tersebut diberikan atas penilaian kinerja perusahaan.

Keempat penghargaan tersebut meliputi Asia's Best CEO yang diterima oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto,  ‎Asia's Best CFO kepada Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman. Selain itu, Asia's Best Investor Relations Company yang diterima oleh Corporate Secretary Pertamina Wisnuntoro, serta Asia's Best CSR diterima oleh Vice President CSR & SMEPP Pertamina Kuswandi.

"Penghargaan-penghargaan ini kami dedikasikan untuk seluruh pekerja Pertamina yang telah berupaya keras dan disiplin menjunjung transparansi dalam setiap proses pekerjaannya," kata Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Minggu (19/6/2016).

Dwi menuturkan, melalui penghargaan ini, Pertamina telah dipandang memiliki program dan perkembangan GCG unggulan di Indonesia dan masuk dalam benak responden survei yang dilaksanakan oleh Corporate Governance Asia.


Dalam survei tersebut, penyelenggara meminta responden untuk menulis nama perusahaan yang dinilai lebih menonjol dibanding perusahaan lain dalam hal transparansi, kredibilitas, dan GCG perusahaan.

Selain itu, karena sebagian besar responden atau pembaca Corporate Governance Asia berasal dari komunitas keuangan Internasional, pesan komunikasi Investor Relations kepada bondholders atau analis keuangan terkait GCG dan transparansi perusahaan dipandang telah diterima dengan baik.

Responden berasal dari kalangan profesional atau pelaku bisnis di kawasan Asia+ / Asia dan sebagian North America serta Eropa.

Sebagian besar responden berasal dari kalangan perbankan, komunitas keuangan Internasional, profesional perusahaan (Board Members, Corporate Secretaries, Corporate Communications), Regulator, dan Professional Services.

"Kami juga mendedikasikan penghargaan ini bagi seluruh stakeholder Pertamina, termasuk masyarakat konsumen yang telah ikut mengawal Pertamina terus menjadi lebih baik guna mencapai visi sebagai perusahaan energi kelas dunia. Apresiasi ini akan menjadi pelecut semangat Pertamina untuk terus meningkatkan kinerja sekaligus menjaga aspek transparansi dan tata kelola yang lebih baik," ungkap Dwi.

Aldrin Monsod, Founder, Managing Director & Publisher Corporate Governance Asia mengungkapkan Pertamina merupakan inspirasi yang baik untuk sektor energi, tidak hanya bagi perusahaan di Indonesia namun juga negara lain.

Dia menuturkan, manajemen Pertamina bertahun-tahun dapat melakukan tata kelola perusahaan yang baik untuk menjamin sustainability usaha dan juga tanggung jawab sosial bagi lingkungannya.

"Pertamina dikenal sebagai perusahaan energi dengan program-program CSR-nya yang terstruktur dan terkelola dengan baik juga dikenal dengan compliance yang berstandard tinggi bahkan melebihi perusahaan listed sekalipun. Investor dan koresponden survei kami melihat Pertamina dengan wajah dan image baru. Ini sungguh fantastik dan menginsipirasi para investor yang menyampaikannya kepada kami dan Pertamina harus pertahankan hal tersebut," tegas Aldrin yang ditemui di sela-sela malam penganugerahan di Hong Kong. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.