Sukses

2 Ruas Tol Bakal Beroperasi Saat Arus Mudik Lebaran

Meski belum rampung, sejumlah ruas tol bakal difungsikan untuk mengurangi kemacetan saat mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengoperasikan ruas tol Pejagan-Brebes Timur beberapa hari lalu. Dengan ada ruas tol baru ini akan mengurangi kemacetan saat arus mudik dan balik pada Lebaran tahun ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan selain ruas tol baru yang sudah dioperasikan tersebut, ada beberapa ruas tol yang sebenarnya tengah dibangun namun akan difungsikan saat arus mudik dan arus balik.‎ Ruas tol ini akan dioperasikan secara gratis.

"Jadi selain ruas tol baru yang sudah kita resmikan, akan ada jalan tol fungsional yang akan dioperasikan untuk mengurangi kemacetan saat mudik nantinya, ini cukup efektif," kata Basuki dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI, Senin (20/6/2016).

Basuki menuturkan ruas tol fungsional tersebut yaitu ruas tol Bawen-Salatiga yang memiliki panjang 17 kilometer (km). Ruas tol ini difungsikan untuk menghindari kemacetan di kota Salatiga.

Selain ruas Bawen-Salatiga, ruas tol fungsional lainnya yaitu sebagian ruas Solo-Ngawi-Kertosono. Nantinya ruas tol akan dibuka mulai dari Solo dan akan keluar di kita Sragen. Ini untuk menghindari kemacetan di kota Solo itu sendiri.

"Jadi pengguna nanti bisa memakai jalan tol ini, tapi juga tetap utamakan kehati-hatian," tegas Basuki.

Tak hanya itu, demi mengurai kemacetan di jalan tol, pihaknya juga telah mengintegrasikan Gardu Tol, salah satunya mulai dari Jakarta hingga ke Brebes Timur. Dengan ini, para pengendara mobil hanya akan emngambil kartu mulai dari Cikarang Utama, dan akan bayar di pintu keluar masing-masing tol. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.