Sukses

Selama Mudik, Bayar Tol Cipali Bisa Dilakukan di Rest Area

Pemerintah mencari cara mengurangi kemacetan saat arus mudik baik di jalan-jalan nasional ataupun di jalan tol.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mencari cara mengurangi kemacetan saat arus mudik baik di jalan-jalan nasional ataupun di jalan tol. Salah satu yang dlakukan adalah perluasan lokasi pembayaran tol.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono‎ mengungkapkan khusus di ruas tol Cipali hingga ke Brebes Timur, pembayaran tol tidak hanya bisa dilakukan di gardu tol.

"Pembayaran tol nanti bisa dilakukan di rest area-rest area, jadi nanti waktu melewati gardu tol tinggal serahkan struknya saja, ini akan lebih cepat," kata Basuki dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI, Senin (20/6/2016).

‎Tidak hanya itu, untuk mengurangi kemacetan, Basuki mengungkapkan akan menambah loket pembayaran tol di beberapa gardu. Bahkan di gardu tol Cipali, akan ditambah lebih dari dua kali lipat, dari yang sekarang 11 loket menjadi 26 loket pembayaran.

Selain itu, menurut Basuki, rest area menjadi biasanya menjadi penyebab titik-titik kemacetan. Untuk itu, di sekitar rest area nantinya akan diterapkan sistem kontra flow.

"Nanti di rest area kita juga akan tambah fasilitas toiletnya, toilet mobile kita akan kirimkan dari pusat, khususnya di rest area selain tipe A. Kalau di rest area tipe A itu sudah ada 100 toilet," papar Basuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini