Sukses

Tips Mengatasi 5 Hal Memalukan Saat Tak Punya Uang

Siapapun akan merasa banyak masalah jika tak memiliki uang

Liputan6.com, Jakarta - Siapapun akan merasa banyak masalah jika tak memiliki uang. Tetapi, akan lebih kacau lagi kalau masalah keuangan terjadi bersamaan dengan beberapa situasi tertentu yang mengubahnya menjadi hal memalukan.

Ada 5 situasi memalukan yang sering dihadapi orang saat kehabisan uang. Namun jangan khawatir, karena ada juga trik untuk mengatasinya dengan bijak bila kesialan tersebut datang menimpa. Berikut tipsnya seperti dilansir dari CekAja, Jumat (24/6/2016).

Kartu kredit ditolak

Saat pergi jalan-jalan, belanja atau makan bareng pacar, kartu kredit tiba-tiba ditolak saat akan melakukan transaksi. Kejadian memalukan ini bisa menimpa siapa saja bahkan untuk kamu yang berpendapatan besar sekalipun.

Banyak penyebabnya, misalnya kamu lupa bahwa limit kartu kredit sudah dalam batas maksimum.

Untuk itu, solusi terbaik adalah dengan cara membawa satu atau dua kartu kredit tambahan. Sehingga, saat kartu kredit yang satu ditolak kamu bisa menggunakan kartu kredit lainnya. Jadi, tidak ada salahnya untuk apply dua atau lebih kartu kredit.

Mobil rusak

Anda mungkin pernah mengalami mobil tiba-tiba rusak dan harus dibawa ke bengkel tapi uang yang ada di dompet dan atm tidak cukup. Sementara, kalau tidak segera direparasi, kerusakan bisa tambah parah dan justru lebih menghabiskan banyak uang.

Cobalah membawa mobil ke bengkel langganan. Mungkin saja Anda bisa mendapatkan keringanan entah dalam bentuk diskon, atau bayar secara dicicil.

Lebih untung lagi kalau perlu kontak teman yang paham tentang seluk-beluk mobil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadiri undangan ke luar kota

Hadiri undangan ke luar kota

Situasi lain yang cukup memalukan ketika tidak punya uang adalah diundang ke acara pernikahan di luar kota. Apalagi kalau yang menikah merupakan teman dekat dan acara pernikahan dilangsungkan di luar pulau.

Pasti Anda bakal memiliki rasa tidak enak kalau tidak datang ke pernikahannya. Namun, tidak ada salahnya untuk mengatakan apa yang sebenarnya terjadi. Beritahukan jauh-jauh hari kalau tidak bisa datang ke resepsi pernikahan. Serta jangan lupa untuk mengucapkan selamat kepada kedua mempelai setidaknya lewat telepon.

Harus pinjam uang ke teman

Anda tidak punya uang sementara butuh dana untuk hal-hal yang sifatnya mendadak? Seperti bayar tagihan rumah sakit, dan keperluan mendesak lainnya? Biasanya teman menjadi salah satu tujuan utama untuk meminjam uang ketika terjadi situasi seperti ini.

Memang sedikit memalukan, tetapi tidak ada salahnya untuk berani meminjam uang kepada teman. Tetapi, Anda harus memastikan bahwa dapat menggantinya tepat waktu. Selain itu, apabila teman membutuhkan bantuan lain waktu cobalah untuk selalu ringan tangan. Karena yang namanya teman saling membantu di saat membutuhkan. 

Teman pinjam uang

Kondisi sebaliknya juga bisa terjadi. Teman ingin meminjam uang tapi Anda juga sedang tidak ada uang atau pas-pasan, sementara teman benar-benar membutuhkan bantuan. Kalau sudah begini apa yang harus dilakukan?

Coba untuk bilang dengan baik-baik bahwa Anda juga sedang tidak memiliki uang. Namun, tawarkan bantuan lain selain uang yang bisa dilakukan. Tunjukkan bahwa walau tidak memiliki uang juga, Anda masih tetapi ingin membantunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini