Sukses

Airnav Bakal Buat Tol Udara Bagi Maskapai

Jalur tol udara akan menghemat waktu tempuh ke beberapa rute domestik.

Liputan6.com, Jakarta - Airnav Indonesia akan membuat tol udara bagi lalu lintas penerbangan yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh maskapai penerbangan domestik. Ini merupakan program Airnav Indonesia yang akan diwujudkan sebelum 2018.

Direktur Service Development‎ Airnav Indonesia New In Manulang menjelaskan tol udara ini dibuat untuk mengurangi kepadatan arus udara terutama di utara Pulau Jawa. ruang udara di lintas udara Pulau Jawa itu saat ini menjadi ruang udara tersebut ke 4 di dunia.

"Jalur itu saat ini setiap harinya takkurang‎ dari 150 pesawat melintas atau 300 pergerakan per hari, jadi kita akan buat semacam jalur tol di udara untuk mengurangi itu," kataNew In saat berbincang dengan wartawan yang ditulis, Rabu (22/6/2016).

Jalur tol udara ini nantinya akan menghemat waktu tempuh ke beberapa rute domestik, seperti dari Jakarta-Makasar dan Jakarta-Denpasar.‎ Dengan lebih singkat, maka akan menghemat biaya bahan bakar dari para maskapai.

Untuk pengoperasian dan pemantauan pergerakannya, Airnav Indonesia tidak akan lagi mengandalkan‎ peralatan navigasi yang ada di darat. Nantinya pembukaan jalur tol udara ini akan memanfaatkan langsung citra satelit.

"Selama ini rute Jakarta-Makassar kan harus melalui ruang udara Surabaya dulu, tapi nanti dari Jakarta bisa lurus ke Makassar," tegasnya.

Dengan dibukanya beberapa tol udara ini diharapkan New In mampu mengurangi kepadatan‎ pergerakan ruang udara di utara Pulau Jawa mencapai 50 persen. Otomatis, nantinya akan menambah kapasitas ruang udara Indonesia itu sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.